Sabtu, 18 September 2021

Ketua APDESI Meranti MAHADI, S.Ip Berserta Anggota Mengikuti Munas APDESI IV Jakarta Di Buka Resmi Oleh MENDAGRI


Suara Kedaulatan News.Id.
Sabtu, 18 September 2021. 


Berlangsung hikmat, pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) ke IV di buka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Prof.Drs.H.Muhammad Tito Karnavian,MA,Ph.D. Perhelatan akbar nasional ini di selenggarakan di auditorium Golden Boutique Hotel Kemayoran Jakarta.

Ketua umum DPP APDESI Dr. H Sindawa Tarang, SH.MM MH dalam sambutan sekaligus laporannya menyampaikan. “ 
APDESI mulai terbentuk tahun 2005, ini gabungan dari seluruh paguyuban dan organisasi desa yang ada di indonesia. Munas Ke IV ini akan melahirkan beberapa rekomendasi yang akan di sampaikan kepada pemerintah. Selain itu juga akan  menetapkan pengurus baru untuk 5 tahun ke depan yang akan di pilih secara demokratis, selama 10 tahun kepemimpinan saya sebagai Ketua Umum DPP APDESI telah membangun kemitraan bersama pemerintah dan mengawal dana desa”. Ucap laki-laki yang akrab di panggil Bung ST ini.

Selain itu. Bung ST juga menegaskan. “Rencana Pengurangan Dana Desa (DDS) menyakiti hati rakyat, pengunaan DDS selama ini berdasarkan Musdes yang merupakan ruang partisipatif masyarakat dalam pengunaan DDS. Artinya tidak perlu di ragukan kebermanfaatannya untuk masyarakat. Untuk itu kita minta kepada pemerintah untuk tetap mengalokasikan DDS yang di lengkapi dengan regulasi yang bersinergi dan tidak berbelit sehingga tidak menjadi jebakan bagi Kades dalam pengunaanya”. Tegasnya. 

Sementara itu Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Prof.Drs.H.Muhammad Tito Karnavian,MA,Ph.D. Dalam sambutan sekaligus pengarahannya menyampaikan. “Menuju Indonesia Emas 2045 kunci pentingnya adalah memperkuat desa. Desa menjadi pusat ekonomi baru, pemerataan pembangunan, menciptakan lapangan pekerjaan dan ujungnya adalah desa maju dan mandiri, memmbangun dari pinggiran itu adalah desa”.

“Hal tersebut butuh kemampuan desa, kepala desa harus mengerti administrasi pemerintahan dan juga administrasi keuangan, dan harus mampu menjadi negarawan dengan merangkul semua pihak, serta memiliki kemampuan leadership. Dan memiliki jiwa enterpreneurship. Untuk desa yang lebih Berjaya dan kaya nantinya. Spirit memperkuat desa harus benar-benar di tangkap oleh desa. Jika ada problem dalam penyelenggaraan desa sampaikan ke Dirjen Pemdes. Kami akan perjuangkan, itu pasti. Ungkapnya. 

Mahadi, S.Ip Ketua APDESI Kepulaun Meranti menanggapi.  “kita mengharapkan apa yg disampaikan oleh Ketua DPP APDESI Bung ST tadi dapat di akomodir oleh pemerintah melalui perpanjangan tangan Mendagri dan Menteri Keuangan RI, kami juga sangat mengapresiasi penyelengaraan even nasional ini semoga APDESI terus menjadi organisasi induk pemerintah desa yang mampu memperkuat posisi Kepala Desa dan elemen pemerintah desa di seluruh Indonesia dan Riau khususnya Pungkasnya ketua APDESI Meranti ini"(***)

(***Budiman)
Ketua APDESI Meranti MAHADI, S.Ip Berserta Anggota Mengikuti Munas APDESI IV Jakarta Di Buka Resmi Oleh MENDAGRI
4/ 5
Oleh