Rabu, 06 Oktober 2021

MASYARARAT ANTUSIAS MENYAKSIKAN RITUAL MANDI SAFAR PANTAI TANJUNG LAPIN DESA TANJUNG PUNAK KECAMATAN RUPAT UTARA

 


Suara Kedaulatan News.Id 
Rupat Utara-Rabu-06-10-2021.

Walau pun Gerimis yang mengguyur pulau Rupat sejak pagi, tidak menyurutkan antusias warga untuk menyaksikan ritual festival mandi safar di pantai Tanjung lapin, desa Tanjung Punak kecamatan Rupat utara, Rabu (6/10/2021). Nampak antusias masyarakat baik dari Rupat maupun dari luar Rupat hadir untuk menyaksikan pesta budaya sekaligus menikmati panorama keindahan pantai yang terkenal dengan pasir putihnya itu. 


Sebagian juga ada, warga sengaja datang untuk mengikuti berbagai event perlombaan yang di siapkan oleh panitia penyelenggara. Sejak pagi sebagian warga sudah berdatangan untuk mengikuti fetival mandi safar, ada yang datang berjalan kaki, ada yang menggunakan sepeda motor bahkan ada juga yang menggunakan mobil membawa sanak keluarga baik tua maupun muda. 


"Kegiatan ritual mandi safar yang di laksanakan di setiap tahun ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas parawisata, kebudayaan Pemuda dan olah raga Kabupaten Bengkalis untuk mempromosikan potensi Pariwisata yang ada di Pulau rupat. Dan menjadi event ini sebagai sarana menggali serta menumbuh kembangkan khasanah seni budaya adat tradisi. " Festival budaya mandi safar, selain sebagai Event tahunan Pemerintah daerah juga dapat berpengaruh pada peningkatan nilai kunjungan Wisatawan serta salah satu usaha kita bersama dalam menjaga tradisi budaya dari arus globalisasi yang dapat membuat rapuh tradisi budaya warisan" ujarnya Anharizal, SE, MSI Kadis Disparpora Kabupaten Bengkalis  saat di temui awak media".

Yang tak kalah pentingnya lagi menitnya  Anharizal kita ingin memberikan pemahaman Adat budaya tradisi Nenek moyang kita kepada generasi  muda agar tidak lupa dengan jati diri budaya Melayu." Para generasi pemuda penerus bangsa di pundak merekalah kedepan kemajuan seni dan budaya itu sendiri, mereka harus berperan aktif dalam memajukan seni budaya. (Rus)
MASYARARAT ANTUSIAS MENYAKSIKAN RITUAL MANDI SAFAR PANTAI TANJUNG LAPIN DESA TANJUNG PUNAK KECAMATAN RUPAT UTARA
4/ 5
Oleh