Minggu, 15 Mei 2022

INI PENJELASAN TENGKU SYARIF NAZIR SULTAN SIAK KE 13 BARU DI LANTIK "MENYAYANGKAN SIKAP TOKOH MASYARAKAT RIAU INI"




Suara Kedaulatan News.Id
Pekan baru-Minggu-15-05-2022. 


Panitia pelaksana penabalan Sultan siak sri indrapura ke 13 Daulat telah di beri dari kaum berbilang negeri Daulat di beri di junjung tinggi sebagai perisai marwah diri Daulat di jaga amanah di beri budi bahasa serta budi pekerti jangan sekali meninggi diri buruk padam jati diri. 


setelah melalui proses panjang akhirnya panitia pelaksana yang terbentuk dari 4 Datuk yang di pimpin oleh YM. Datuk lima puluh bersama datuk tanah Datar, datuk pesisir dan datuk kampar, di saksikan oleh datuk Laksamana raja di laut dan mufti Kesultanan Siak sri indrapura, dengan melakukan penabalan Sultan ke 13 Kesultanan Siak sri indrapura telah terlaksana secara sakral dan mengikuti alur patut sesuai dengan kaidah yang telah menjadi warisan turun temurun, bertepatan dengan sabtu 13 syawal 1443 H. 14 Mei 2022 pukul 10'13 wib bertepatan di balairung RM. pondok patin HM yunus di jalan khairuddin nasution pekan baru.

Dengan terlaksananya penabalan ini khasanah adat Kesultanan Siak sri indrapura memiliki kembali Sultan Siak yang ke 13 yaitu, Tengku Syarif Nazir atau lebih akrab di pangil tengku anas, bin tengku zainur rasyid bin tengku daut, bin tengku bagus syaid toha bin assayidis Syarif Kasim abdul jalil syaifuddin (Sultan Syarif Kasim 1) dengan gelar, Sri paduka dulu yang maha mulia Sultan assayidis Syarif Nazir abdul jalil syaifuddin.

Acara penabalan Sultan Siak ke 13  berjalan dengan khidmat melalui tahapan prosesi adat mengikuti tata cara Kesultanan Siak sri indrapura di masa sejarah raja kecik Sultan raja Siak sri indrapura pertama. 


Saat di konfirmasi awak media ini Sultan Siak yang baru di lantik ini menyampaikan , akan menjalan adat budaya dan marwah budaya melayu Kesultanan Siak yang telah terdahulu,saya sebagai pewaris akan tetap menjaga khasanah budaya dan akan menjaga amanah yang telah di titipkan kepada saya jelas Sultan ke 13 yang baru, tengku Nazir atau lebih di kenal dengan tengku anas oleh masyarakat Meranti ini. 


Saat di tanyakan awak media terkait ada keabsahan dari tokoh masyarakat Riau tentang penabalan tersebut, sultan baru di lantik ini menjelaskan, Gelar tu ditulis Dulu bukan mestinya di pertanyakan atau pun diklim oleh tokoh yang menunjukkan kebodohannya sendiri, sudah lebih kurang 107 tahun terbenam, kini diangkat kembali oleh zuriat yg sah.berdasarkan bukti yg di pegang oleh sultan Syarif nazir ini, dan sah baik hukum adat maupun hukum negara tutup sultan baru di Lantik ini pada awak media ini.

(Budiman)
INI PENJELASAN TENGKU SYARIF NAZIR SULTAN SIAK KE 13 BARU DI LANTIK "MENYAYANGKAN SIKAP TOKOH MASYARAKAT RIAU INI"
4/ 5
Oleh