Rabu, 11 Mei 2022

JELAS TIDAK BOLEH !!! "APMS DI DESA AIR PUTIH BENGKALIS MALAHAN JUAL BBM MENGUNAKAN DRUM DAN JERIGEN"



Suara Kedaulatan News.Id
Bengkalis-Rabu-11-05- 2022.

Jelas PT Pertamina (Persero) resmi melarang pembelian (BBM) Jenis RON 90 dengan mengunakan jerigen hal tersebut menyusul dengan ditetapkan bahan Bakar khusus penugasan (JBKB) penganti premium.

Adapun mengacu kepada kepmen ESDM no.37/2022 tentang jenis bahan bakar minyak khusus penugasan,dimana ada perubahan status pertalite menjadi bahan bakar penugasan,sehingga menurutnya pemberlakuan aturan terbaru untuk pembelian pertalite di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)
Sesuai aturan pelarangan untuk melayani pembelian JBKB pertalite dengan jerigen ini telah sesuai juga dengan surat edaran menteri ESDM no 13/2017, mengenai ketentuan penyaluran bahan bakar minyak  melalui penyalur.


Sangat di sayangkan kepada salah satu APMS ini Tengah antrian panjang menuju pelabuhan Roro desa air putih kecamatan Bengkalis sebuah APMS 16287.618.tepatnya di persimpangan empat, depan kantor Camat Bengkalis, jalan  panglima minal, desa air putih Bengkalis menjual BBM jenis pertalite ke konsumen yang menggunakan Drum dan jeregen, tepatnya Jumaat (6/5/2022) sore.


Dari pantauan awak media di lapangan, puluhan jeregen dan drum antrian untuk membeli BBM jenis partalite. Bahkan sejumlah pemilik drum yang yang mengunakan gerobak angkut sudah antri di tempat tersembunyi di belakang kantor APMS tersebut.  Sementara itu pemudik yang ingin balik dan terjebak antrian ada yang sudah kehabisan BBM, sehingga membuat mereka sulit mendapatkan BBM jenis pertalite. 


"Pintu masuk ke arah kantor camat, Sedangkan kami sudah terjebak antrian dan tak bisa keluar,ujar Iwan, salah seorang pengemudi mobil yang antri di arah jalan menuju pelabuhan Roro desa air putih  Bengkalis.
Sementara di lokasi APMS terlihat,petugas APMS yang tak berseragam Pertamina mengisi dengan leluarsa BBM jenis pertalite kedalam drum ukuran besar yang tertuliskan Pertamina. Sedangkan di belakang kantor APMS yang menghadap ketempat pengisian BBM, masih banyak drum dan jeregen yang antrian sejak sehari sebelumnya. "Pakai nota antrian pak. Ini yang di pakai drum mungkin sudah lama mereka menunggu" ucap salah seorang pembeli BBM jenis premium menggunakan jiregen. 

Ia mengaku, hanya membawa satu jiregen untuk membeli pertalite dengan harga sesuai yang tetra di mesin pengeluaran pertalite. Nantinya akan di jual kembali dengan harga Rp 9 ribu rupiah perliter.  Ia mengaku, hanya membawa satu jeregen untuk membeli pertalite dengan harga  sesuai yang tertera di mesin pengeluaran pertalite. Nantinya akan di jual kembali dengan harga Rp 9 ribu rupiah  perliter.  


mungkin pakai drum banyak modalnya, kami hanya jualan kecil -kecilan saja. Paling setengah hari sudah habis di jual" ucap lelaki yang berkumis tipis yang mengaku tinggal di desa temeran, Bengkalis. Sedangkan Informasi yang berhasil di rangkum di lapangan, APMS maupun SBU di larang menjual BBM jenis apapun untuk kepentingan perusahaan ataupun perorangan, tanpa mengantongi izin. Namun di APMS milik BUMD Bengkalis ini menjual secara bebas  BBM kepada pengguna jeregen dan drum dalam jumlah besar. Bahkan APMS ini yang seharusnya melayani penjualan BBM kepada masyarakat atau pengguna kendaraan bermotor ini malah di jual kejeregen dan drum. 


"APMS ini sering kali kosong BBMnya, mukin ini karena di jual ke pengguna jeregen da drum" ujar Azmi, salah seorang pengguna kendaraan bermotor. Sedangkan pertugas APMS terlihat secara berbisik-bisik kepada pembeli yang menggunakan jeregen dan drum seolah-olah kwatir di ketahui warga lain."Antri ya pak. ini banyak yang menunggu sejak kemaren" ucap petugas APMS saat berbincang- bincang dengan pembeli lain yang sudah lama menunggu. 
Sementara itu, Pengelola APMS Bengkalis yang ingin di temui tidak berada di kantornya. 

Saat di temui Abu Hasim menjelaskan kepada awak media ini, Hanya terlihat seorang petugas kasir perempuan yang keluar dari ruang kantor tersebut,menjelaskan  "Dah habis pak, inipun menghabiskan stok kemaren dan belum tahu besok masuk atau tidak BBM nya" ucap petugas kasir APMS berjilbab warna abu-abu berawak kurus ini, Kita sangat berharap kepada pihak Disprindag menindak lanjuti persoalan ini,agar tidak ada lagi APMS nakal seperti ini ucap abu Kasim.

(Penulis Idrus)
(Editor (Budiman)
JELAS TIDAK BOLEH !!! "APMS DI DESA AIR PUTIH BENGKALIS MALAHAN JUAL BBM MENGUNAKAN DRUM DAN JERIGEN"
4/ 5
Oleh