Rabu, 22 Juni 2022

DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN BENGKALIS GELAR SOSIALISASI DEMO OLAHAN MAKANAN BERGIZI BERBAHAN DASAR IKAN



Suara Kedaulatan News.Id
Bengkalis-Selasa-21-06-2022.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, melalui Dinas Kelautan dan Perikanannya Selasa (21/6/2022 ) menggelar kegiatan sosialisasi demo olahan makanan bergizi berbahan dasar ikan, di balai pertemuan desa Prapat tunggal Kecamatan Bengkalis.

Ketua TP, PKK Kabupaten Bengkalis, mewakili ketua Popja 3 berserta anggota, dalam sambutannya menambahkan bahwa ikan merupakan salah satu sumber Protein Yang banyak manfaatnya.  Kandungan nutrisi yang terdapat pada sepotong ikan, memang sangat manfaat bagi tubuh.  Salah satu kandungan sangat bermanfaat saat sahabat makan ikan, adalah Omega 3. 
Tak banyak manfaatnya, ikannya juga banyak jenisnya sehingga enak untuk di makan, manfaat makan ikan adalah kandungan nutrisi untuk meningkatkan Perkembangan otak, tulang dan mencegah resiko penyakitp   kronis. Hal ini membuat kondisi tubuh tetap prima meski sudah di makan usia. Selain itu sosialisasi dan demo pengolahan makan bergizi bertahan baku ikan yang di ta dinas perikanan kabupaten Bengkalis, bidang kebudayaan dangerak masyarakat ikan juga dasar agar meningkatkan masyarakat yang menkonsumsikan serta akan berkontribusi positif bagi pelaku perikanan, apa lagi jika gerakan ini meningkat dengan peningkatan program pemberdayaan dan pemberdayaan pelindungan kepada pelaku usaha perikanan lebih lanjut beliau juga menjelaskan bahwa gerakan ini juga merupakan salah satu upaya dari Pemerintah kabupaten Bengkalis untuk mengatasi masa alah stunting di mana seperti di ketahui bahwa stunting merupakan masalah kekurangan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama,yang berdampak pada kegagalan pertumbuhan anak.  
Mengakhiri sambutannya ketua TP. KK Kabupaten Bengkalis mewakili ketua popja 3 berserta anggota dan menghimbau kepada seluruh peserta untuk berperan aktif dalam penerapan sosialisasi dan pengolahan bahan dasar ikan yang di gelar hari ini, karena TPKK memiliki peran penting dalam upaya Pencegahan pengertian dan kegiatan yang di harapkan dapat memberi manfaat yang positif dalam meningkatkan tingkat konsumsi ikan dengan menyediakan produk olahan ikan yang di sukai anak serta dengan harga terjangkau"jelasnya.


Kepala bidang pemberdayaan perikan Akmal,S.PI, yang bertindak selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan pada acara tersebut menyampaikan  kegiatan tersebut merupakan bentuk ajakan seluruh masyarakat untuk gemar makan ikan.
Dengan tujuan penangan penurunan syuting yang terintegrasi. Kegitan ini merupakan salah satu bentuk inovasi intervensi penangan stuting di wilayah desa dengan upaya masyarakat makan ikan.

Selain memaparkan makan bergizi dengan bahan ikan kita juga tadi bersama-sama dengan perserta mendemokan pengolahan masaalah ikan yang bergizi. Kita berharap semua perserta dapat memahaminya dan mempraktekan nya di tengah -tengah masyarakat, khusus di wilayah lokasi khusus (lokus) penangan penurunan stuting" tuturnya. Kembali menjelaskan bahwa giat tersebut melibatkan seluruh kader PKK dan ibu- ibu dasawisma yang berada di wilayah lokus (lokasi khusus) penangan stuting,salah satunya di kecamatan Bengkalis tahun 2022.


Hadir dalam acara tersebut, Camat Bengkalis Ade Swirman dan mewakili kasi Pembedayaan masyarakat, kepala desa Perapat tunggal  Ahmad, Dinas kelautan dan perikanan mewakili kepala bidang pemberdayaan perikan Akmal, S.PDI, penyampai materi  oleh Dr. Fajar kurniwan UPT Puskesmas Meskom,TP KK Kabupaten Bengkalis mewakili popja 3, TP KK desa Prapat tunggal, ketua panitia pelaksanakegiatan  Jhoni Handoko  dan sejumlah pengurus  PKK desa Prapat tunggal. Lebih lanjut, TP KK Bengkalisdi tahun 2022 ini program gerakan makan ikan (Germikan ) makan ikan ini kita kolaborasikan untuk mendukung upaya dalam penangan stanting yang juga merupakan program nasional. " Salah satu di wilayah desa yang penangan stuting ya di ke camatan Bengkalis ini, oleh karena itu Program yang kita laksanakan dalam bentuk Sosialisasi dan Demo olahan makanan dasar ikan,kita waspada dengan kabupaten Bengkalis dan saya berharap kepada seluruh elemen mendukung program ini.

( Penulis Idrus )
(Editor Budiman)
DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN BENGKALIS GELAR SOSIALISASI DEMO OLAHAN MAKANAN BERGIZI BERBAHAN DASAR IKAN
4/ 5
Oleh