Jumat, 28 Oktober 2022

Jalan Lintas Desa Pematang Duku Timur Terhambat Akibat Air Pasang Laut Meluap.


Suara Kedaulatan.News.Id
Bengkalis-Jum'at-28-10-2022


Kesulitan Untuk Melintas Kendaraan Direndam Air Pasang Jalan Lintas Desa Pematang Duku Timur-Sukamaju Putus

Sudah sepekan ini jalan lintas desa antara Desa Pematang Duku Timur dengan Desa Sukamaju, Kecamatan Bengkalis putus, 
Pasalnya jalan yang berada di atas sungai parit bengkok itu terendam oleh air pasang tahunan, yang mencapai tinggi lutut orang dewasa. Kondisi ini mengakibatkan terhentinya kendaraan roda dua maupun roda empat yang akan melintas di jalan tersebut.

kondisi air pasang yang menutupi jalan dimanfaatkan warga lain dengan menggunakan gerobak untuk mengakut sepeda motor warga yang akan melintasi banjir tersebut.

Sedangkan kendaraan mobil harus menunggu selama 3 jam sampai air pasang surut ,baru bisa melintasi jalan yang terendam banjir air pasang tersebut.

“Ya, sudah satu pekan ini jalanya terendam.banjir air pasang, mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB air barulah surut. Kalau waktu pagi airnya sangat dalam dan memang tidak bisa dilewati,” ujar salah seorang warga Teluk Pambang yang akan melintasi jalan terendam banjir air pasang, Jumat (28/10/2022).

Ia menyebutkan, kondisi ini terjadi setiap akhir tahun, khususnya 3 bulan menjelang berakhir tahun dan puncaknya di pertengahan Desember 2022 nanti. Biasanya orang kampung menyebut nya pasang keling.

Menurutnya, kondisi ini memang tidak bisa dielakkan lagi, karena terjadi setiap tahun. Makanya untuk mengatasi kesulitan warga,mengharap Pemkab Bengkalis meninggikan jalan atau membangun jembatan.

Hal senada juga disampaikan Edi warga Desa Kembung Luar. Ia mengaku, kalau mau menghindar jalan terendam banjir harus pergi lebih awal lagi, sebelum air pasang naik. Namun karena berangkat dari rumah mau ke Bengkalis sudah ke siangan, maka mau tak mau harus dilewati dengan menggunakan jasa gerobak.

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Pambang, M Ali B juga. menyebutkan, dirinya juga sempat terkendala melintasi jalan yang terendam banjir air pasang laut tersebut.

“Ya, solusinya jalannya harus ditinggikan atau dibangun jembatan. Kalau tidak ya setiap akhir tahun jalannya putus dan membuat terkendala masyarakat yang akan berurusan ke desa maupun ke kecamatan,”; ujarnya.

(Penulis Ria) 
(Editor Budiman)
Jalan Lintas Desa Pematang Duku Timur Terhambat Akibat Air Pasang Laut Meluap.
4/ 5
Oleh