Sabtu, 22 Oktober 2022

Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso Buka Festival Budaya Bahari di Pantai Indah Selat Baru



Suara Kedaulatan News.Id.
Bantan-Sabtu-22-10-2022.

Pembangunan sektor industri merupakan salah satu pergerakan ekonomi nasional dan daerah. 
Kepala Dinas Parbudpora Bengkalis Edi Sakura, mengatakan, kebangkitan dunia kepariwisata setelah dampak pandemi Covid-19 telah memberikan peluang baru bagi pemerintah dalam meningkatkan sektor ekonomi masyarakat dan sekaligus pendapatan daerah. 
Data kunjungan wisata ke Kabupaten Bengkalis memperlihatkan nilai positif kurun waktu satu tahun ini. Pada 2021 lalu tercatat sebanyak 103.635 orang, sedangkan pada tahun 2022 sampai dengan September ini sudah mencapai 155.870 orang. 

"Hal ini menandakan bahwa terjadi peningkatan, dari tahun ke tahun paska pandemi dan meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata ujar parbudpora Edi sakura, Seperti di Pantai Indah Selatbaru ini, Februari-September 2022 penerimaan mencapai Rp149 juta yang terdiri dari retribusi masuk pengunjung dan sewa warung," terangnya. 
Dengan adanya Festival Budaya Bahari ini, Edi Sakura berharap terciptanya kemajuan kepariwisataan daerah yang memunculkan kearifan lokal sehingga jati diri negri tetap terjaga," 

Oleh sebab itu pengembangan industri pariwisata didaerah ini, akan terus kita lakukan, guna menarik kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Memeriahkan festival, diperlombakan sejumlah permainan-permainan tradisional kearifan lokal seperti Lomba Jung, Lomba Layang-layang, Lomba Gasing, Lomba Melanggai serta atraksi kesenian daerah lokal, bahkan juga ikut berpartisipasi peserta dari negeri jiran Malaysia dan Singapura. 

Dan salah satu daya tarik yang memiliki potensi sangat besar untuk terus kita kembangkan adalah melalui festival budaya seperti ini.
Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Wakil Bupati H. Bagus Santoso dalam arahannya saat membuka Festival Budaya Bahari Pantai Indah Selat Baru, yang bertempat di Pantai Indah Selat Baru Kecamatan Bantan, Sabtu (22/10/2022) pagi. 

Dengan kondisi yang ada saat ini saja, sektor pariwisata Kabupaten Bengkalis sudah mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah, apa lagi jika kita sudah berbenah,dan memperbaiki,serta menyajikan kualitas di semua sektor dgn baik, tentunya akan lebih meningkat lagi.

 Pemerintah Kabupaten Bengkalis, terus bergeliat untuk memajukan serta mengembang industri pariwisata yang ada didaerah ini, meliputi pariwisata pantai, pariwisata alam, pariwisata religi, pariwisata kuliner dan lainnya.

Sehubungan hal tersebut, tentunya kami mengharapkan juga dukungan dan sinergi dari semua pihak, terutama Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Pusat baik infrastruktur, sarpras maupun anggaran, agar potensi pariwisata didaerah kita ini dapat lebih maju dan berkembang.

"Tentunya kita tidak bisa semata mata mengandalkan APBD saja, karena APBD kita terbatas, namun dukungan dan bantuan pihak lain tetap kita harapkan, termasuk investasi dari swasta," Ucap Bagus.

Kegiatan Festival Budaya Bahari yang mengangkat tema "Kita tubuhkan jati diri menuju masyarakat Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera" tersebut akan berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 22 sampai 23 Oktober 2022, dipusatkan di Pantai Indah Selat Baru, Dusun Indah parit I Desa Selat Baru, Kecamatan Bantan.

Tidak hanya itu, usai membuka acara orang nomor dua di Kabupaten Bengkalis itu langsung meninjau ketempat permainan rakyat yaitu seperti gasing kemudian menyapa warga yang ada disekitar pantai selat baru dan selanjutnya meninjau ke tempat lainnya seperti barongsai.
Hadir dalam pembukaan festival tersebut Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Endik Yunia, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Rahmatullah Ramadhan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Hj. Sity Aisyah, Kepala Imigrasi Bengkalis Dimas Pramudito, Danposal Bengkalis Sersan Wiyanto, Pejabat Fungsional Kajari Sri Haryati.
Kemudian sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi pertama di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Camat Bantan Muthu Saili, Kapolsek Bantan Subekti,Pimpinan Bank atau yang mewakili, ketua Gempi Abdul Rahim dan tamu undangan lainnya.
(Penulis Ria)
(Editor Budiman)
Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso Buka Festival Budaya Bahari di Pantai Indah Selat Baru
4/ 5
Oleh