Senin, 13 Februari 2023

"INI PENJELASAN SEMENTARA KAPTEN KAPAL MV DUMAI LINE 9 TERKAIT TERJADINYA MENABRAK TEBING"



Suara Kedaulatan News.Id
Meranti-Minggu-12-02-2023.

Kapal penumpang MV Dumai line 9 tujuan Batam-Dumai sempat menjadi menghebohkan dunia Maya baik di sosial media dan menjadi perbincangan hangat dari pada kalangan masyarakat dengan berbagai macam dugaan di karenakan kapal dari rute Batam tujuan Dumai ini terjadi kecelakaan dengan menabrak tebing ini.

Kapal Dumai line yang bermuatan sisa penumpang lebih kurang 243,orang yang menuju ke Selatpanjang serta Bengkalis dan juga Dumai ini diperkirakan sekitar jam 10"40, tiba tiba menabrak tebing di perairan tepatnya di wilayah seputaran anak ayam kecamatan tebing tinggi timur.
Dari pantauan awak media di pelabuhan penumpang terminal Tanjung harapan melihat langsung kondisi para penumpang dan kondisi kapal  dengan keadaan baik-baik saja dan penumpang pun semua masih dalam keadaan selamat, Meskipun kondisi agak sedikit trauma, demikian juga bagi penumpang tujuan Selatpanjang segera di naikan, dan penumpang tujuan Bengkalis dan Dumai sementara di Over Skip melalui kapal Dumai line 8 untuk di antar tujuan Bengkalis dan Dumai.
Saat di temui langsung ksop H.Nawi, di pelabuhan penumpang tersebut menjelaskan saat ini pihak kita mengecek langsung kapal dan penumpang semua baik baik saja penumpang tidak ada luka atau korban dan kondisi lambung kapal baik saja tidak ada yang pecah dan patah, untuk sementara kita sedang proses pemeriksaan dan proses pemindahan penumpang dari Dumai line 9 dan akan di pindahkan mengunakan kapal Dumai line 8, untuk di antar tujuan Bengkalis dan dumai, beliau juga menjelaskan ada pun penumpang tujuan Selatpanjang udah di amankan sekitar 80 penumpang, dan penumpang tujuan Bengkalis dan Dumai, 154penumpang  yang udah berhasil kita amankan untuk di antar ke tujuan dengan mengunakan kapal Dumai line 8, jelas nya pada awak media ini.

Saat Di temui awak media ini  kapten kapal Dumai line 9, dengan GT.325 No.7901/PPm, 2019,PPm No.5210/L, atas nama Rispan, memberi penjelasan  kepada awak media ini, kondisi kapal tidak ada  kendala demikian juga kondisi laut cerah aman tenang tidak bergelombang demikian juga kondisi kapal kita layak berangkat.

"Cuman kita tak bisa memberi penjelas saat ini masih dalam proses kita dari pihak kapal di minta dari pihak Sahbandar Final keterangan informasi nya nanti dari Sahbandar aja" jelas kapten kapal Dumai line 9 ini kepada awak media ini.
Demikian juga Saat di lakukan Press Release ini di  hadiri KA KSOP SELATPANJANG, KAPOLRES, KAPOLSEK, TNI, BASARNAS, DAN BPBD. Kegiatan Press Release guna menanggapi media yang beredar.


KA Polres Kabupaten Kepulauan Meranti Bapak AKBP Andi Yul L.T.G S.H, S.I.K, M.H menyampaikan “ Kapal Dumai line 9 Sudah Olah Gerak Sendiri Akibat Air Pasang Naik Sehingga Kembali Berlayar, Untuk Korban Jiwa Tidak Ada, Dan Tidak Ada Evakuasi Penumpang Kapal Yang Di TKP, Semuanya Tetap Berada Didalam kapal”.

Dalam press Release ini Kepala kantor ksop selatpanjang Bapak Capt. Leonard Natal Siahaan, S.Si.T menyampai Seluruh Unsur Sudah Bertindak Dengan Cepat Untuk Menuju Ke Lokasi, Namun Pada Saat Kami Telah Sampai Ke lokasi Kapal Dumai Line 9 Telah Melakukan Olah Gerak Dengan Sendirinya Sehingga Mampu Berlayar Ke Pelabuhan Tanjung Harapan, Sesampai kapal dumai line 9 di pelabuhan tanjung harapan kami fokus mengevaluasi penumpang dan Penumpang yang Di Evaluasi dipindah Ke kapal Dumai Line 8 untuk tujuan ke bengkalis dan dumai.

Untuk jumlah penumpang dari kapal dumai line 9 berjumlah 243. untuk penumpang yang di evaluasi ke dumai line 8 itu berjumlah 154 sisanya turun tujuan selatpanjang.

Untuk Kecelakaan Ini Kami Belum Melakukan Investigasi, Namun Sesuai Dengan PM No 06 Tahun 2020 Kami Hanya Melaporkan Dalam 3 X 24 Jam Informasi Kecelakaan Kapal, Kecelakaan Itu Tersendiri Terdiri Dari 4 Yaitu Kebakaran Kapal, Tenggelam, Kandas, Dan Kapal Tubrukan. Yang Ini Merupakan Jenis Kapal Kandas. Namun Kami Rencananya Pagi Besok Jam 8 Akan Melakukan Investigasi, Akan Memanggil Nahkoda Mualim, Dan Kkm Kekantor Kami Untuk Melakukan Pemeriksaan .Terkait Dengan Nanti Perkembangan Seperti Human Error, Atau Nahkoda memakai Narkoba, Joystick Error, Nanti Akan Didalami Lagi Pada Pagi Besok Jam 8. Ucap Bapak Capt. Leonard Natal Siahaan, S.Si.T.

(Budiman)
"INI PENJELASAN SEMENTARA KAPTEN KAPAL MV DUMAI LINE 9 TERKAIT TERJADINYA MENABRAK TEBING"
4/ 5
Oleh