Minggu, 05 Februari 2023

Perayaan Cap Go Meh di Rupat Semarak Bersama Pertunjukan Kirab Budaya Tatung


Suara Kedaulatan News.Id
Rupat Utara-Minggu-05-02-2023.


Puncak perayaan acara Cap Go Meh dan ulang tahun Vihara Chin Bu Kiong pada hari ini 05 Febuary 2023  bersamaan 15 hari bulan pertama tahun Kelinci di penuhi pertunjukan Budaya Tatung.
Puluhan Tatung sekitar jam 11 pagi udah memenuhi halaman dan tempat ibadah Klenteng tersebut,Sebelum berjalan secara estapet dengan teratur pawai mengikuti jalan utama Desa tersebut,dan singgah kerumah warga Tionghua untuk melakukakan ritual agama.
Tidak ketinggalan juga barongsai dan patung Dewa pemujaan diarak bersama,Sementara itu ditengah kerumunan keramaian masyarakat himpunan paguyuban masyarakat Jawa yang berada di Desa itu juga mengelar acara kebudayaan Reog Ponorogo Sehingga menambah ramainya suasana perayaan penutuoan imlek tersebut.

Terlihat betapa sibuk  pihak Keamanan Kepolisian dan TNI beserta Linmas,FKFM dan Hansip yang terus mengamankan di titik acara,karena semakin sore semakin Ramai nya pengunjung yang hadir . dan juga pihak panitia yang  terus memperhatikan tempat tempat acara yang banyak di kunjungi tamu undangan baik dari luar maupun dalam daerah, demi memperhatikan dan menjaga untuk kelancaran acara pawai Kirab budaya tersebut.
Berbicara mengenai perayaan keagamaan Cap Go Meh imi pihak media mencoba berbicara dengan para pengunjung dan tokoh masyarakat,Salah satunya adalah Tokoh Pendidikan yang hadir bersama istri dan keluarganya,beliau mengatakan bahwa kalau di lihat dari mata umum, acara ini merupakan bukan lah lagi acara keagamaan,Tapi ini adalah salah satu  tradisi kita di Pulau Rupat,Inilah acara yang bisa menyatukan semua suku bangsa di Rupat ini,Jadi jangan dikatakan ini acara agama tapi ini  pertunjukan budaya yang perlu kita lestarikan, Dengan adanya Klenteng ini semoga sejarah acara ini tidak bisa kita lupakan dan tentu nya acara ini terus bisa di lestarikan dan kita titip buat generasi kita penerus Rupat.

Salah seorang perantau pulang dan hadir di acara ini  juga mengatakan dia dan keluarganya selalu pulang ke acara pesta Akbar tahunan ini,Walaupun jauh merantau tapi selalu di usahakan pulang ketika pesta Cap Go Me ini,dia juga mengatakan di acara pesta inilah dia mendapatkan jodoh bersama istrinya,Sambil tertawa  dan tersenyum bahagia menceritakan betapa bangga nya dia sebagai warga Rupat yang memiliki budaya besar seperti ini,terang bapak dan istri nya ini.

Tokoh Kepemudaan Pak Asia juga berkometar bahwa pemerintah Bengkalis harus peduli dengan kegiatan iini,Bahkan beliau meminta agar pihak Pemerintah Kabupaten bekerja sama dengan pihak Klenteng dan Pemerintah Desa  untuk membuat ini menjadi Event Agenda Pemerintah kedepannya. " Ini bukan pesta agama tapi pesta budaya Dan kita berharap kepedulian Pemerintah untuk melastarikannya." Tutupnya . ( Team)
Perayaan Cap Go Meh di Rupat Semarak Bersama Pertunjukan Kirab Budaya Tatung
4/ 5
Oleh