Jumat, 07 April 2023

PEMKAB MERANTI GELAR NUZULUL QURAN DI MASJID AGUNG DARUL ULUM BUKAN DI KANTOR BUPATI INI PENJELASAN WAKIL BUPATI MERANTI H.ASMAR.


Suara Kedaulatan News. Id
Meranti-Jum'at-07-04-2023.

Malam Nuzulul Quran menjadi salah satu istimewa yang terjadi di bulan ramadhan, pasalnya momen tersebut ditunjukan untuk memperingati peristiwa bersejarah dalam islam yakni turunnya Al-Quran kepada nabi muhamad SAW melalui malaikat Jibril di Gua hira. 

Peristiwa Nuzulul quran di sebut terjadi pada 17 ramadhan 610 M tepatnya pada usia Rasulullah SAW memasuki usia ke -41 hal ini di dasarkan pada keterangan dari Surah al baqarah ayat 185.

Sebagai mana Al-Qur'an yang terdiri dari 114 surat dan 30 juz ini di turunkan secara berangsir selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari, menurut Imam Suyuthi dalam kitab Al Itqan fi Ulum al-quran, peristiwa NUZULUL QURAN, di awali dengan turunnya surah Al-Alaq dan di tutup dengan turunnya surah al-maidah ayat 3 pada 9 Dzulhijah 10 hijriah atau 8 maret 632 hijriah di padang Arafah.

Sebelumnya pemkab meranti telah mengagendakan peringatan Nuzulul quran pada ramadhan tahun ini di halaman kantor bupati meranti, tapi setelah mempertimbangkan situasi dan kondisi agenda pemkab tersebut di pindahkan ke masjid Agung DARUL ULUM, jalan siak selatpanjang. 
Hal ini  dibenarkan oleh wakil bupati meranti ketika ada awak media ini saat di temui menyampaikan untuk Nuzulul quran agenda pemkab meranti kita pindahkan di masjid Agung DARUL  ULUM jalan siak selatpanjang mengingat situasi dan kondisi di halaman kantor bupati tidak memungkin kan di kwatir kan dengan kondisi hujan terpaksa kita buat di masjid Agung agar kegiatan berjalan dengan lancar tuturnya pada awak media ini.

Demikian juga disampaikan oleh wakil bupati H. Asmar, tujuan memperingati Nuzulul quran adalah untuk menghayati dan mengamalkan ajaran yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran untuk di praktek kan dalam kehidupan sehari-hari. 

Keutamaan Nuzulul Quran adalah untuk memperoleh keberkahan dari allah SWT, mengharapkan  diampuni segala dosa dan mendapat pahala yang berlipat, untuk mendapatkan berkah serta ampunan dan pahala ada amalan  yang di amalkan pada malam Nuzulul Quran sebagai wujud peringatan atas peristiwa maha Agung dan mulia tersebut tuturnya. 

Dari pada itu wakil bupati menjelaskan bagi umat muslim khusus meranti atas nama pemkab meranti dan saya secara pribadi mengajak mari bersama kita menghadiri Nuzulul quran di masjid agung Darul Ulum jalan siak selatpanjang imbau nya.

(Budiman)
PEMKAB MERANTI GELAR NUZULUL QURAN DI MASJID AGUNG DARUL ULUM BUKAN DI KANTOR BUPATI INI PENJELASAN WAKIL BUPATI MERANTI H.ASMAR.
4/ 5
Oleh