Jumat, 16 Juni 2023

Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro Resmi melounching Polisi Rukun Warga (RW)

BENGKALIS. Suara kedaulatan.id
Polres Bengkalis menggelar Launching polisi Rukun Warga (RW) Jajaran Polres Bengkalis Tahun 2023, Rabu (14/6/2023) pagi, bertempat di Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis. Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro.

Program yang diluncurkan, istimewa program baru yang Bertemakan ,: "Polisi RW" program Kapolri ini Siap Bermitra dengan Masyarakat. "
Polisi RW yang siap bertugas di masyarakat.

Peluncuran program untuk menjaga Kamtibmas di lingkungan masyarakat tersebut ditandai penyematan Ban Polisi RW oleh Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan H Bustami HY dan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0303/Bengkalis Mayor (Arh) Sudiyono.

Launching Polisi RW di Bengkalis dilaksanakan berbeda dari kegiatan biasa, Launching dipusatkan di pinggir pantai Andam Dewi yang diikuti selain anggota di darat juga ada 5 kapal mengapung lengkap dengan anggota Polisi RW di Masing-masing kapal.

Di kabupaten Bengkalis ada 970 wilayah RW. Anggota Polisi yang ditugaskan sebagai Polisi RW sekitar 300 personil jadi 1 polisi RW bisa bertugas di 3 lingkungan RW. 

Kapolres Bengkalis dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran dan instansi terkait untuk meramaikan launching polisi RW Polres Bengkalis. Dilaksanakan launching di Lapangan Andam Dewi ini adalah untuk mengangkat kearifan lokal Kabupaten Bengkalis, artinya Kabupaten Bengkalis terdiri dari daerah daratan dan pulau ini bersatu padu, saling menjaga kekompakan dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera.

AKBP Setyo Bimo Anggoro saat menyebutkan bahwa Polisi RW ini dibentuk agar memperkuat sinergi dan kolaborasi antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah RW setempat. 

"Melalui program ini, polisi berperan aktif dalam pembentukan dan penguatan kelembagaan Rukun Warga (RW) sebagai mitra yang handal dan terpercaya dalam menjaga lingkungan, meskipun program Bhabinkamtibmas sudah ada per desa kelurahan, kini Polri memperkecil lingkupnya dengan melaunching kan Polisi RW," kata AKBP Setyo Bimo Anggoro Kapolres Bengkalis.

"Pentingnya peran polisi dalam membangun hubungan yang erat dengan masyarakat, Polisi RW adalah inovasi terbaru kami dalam menghadapi tantangan keamanan di era modern ini. Dengan melibatkan masyarakat secara aktif, kita dapat lebih efektif dalam mencegah dan menangani berbagai masalah keamanan yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar kita,"katanya.

Selain itu, anggota Polisi RW juga akan menjadi pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat terkait langkah-langkah keamanan yang perlu diambil. Mereka akan memberikan sosialisasi tentang pencegahan kejahatan, pengenalan tanda-tanda kegiatan mencurigakan, serta mengedukasi masyarakat tentang cara melaporkan kejadian-kejadian yang mencurigakan kepada pihak berwenang.

Program Polisi RW ini mendapat apresiasi yang tinggi dari jajaran Forkopimda Bengkalis. Dengan adanya polisi yang aktif berinteraksi dengan warga setempat, diharapkan tingkat keamanan dan kenyamanan di wilayah kabupaten Bengkalis semakin meningkat.

Bupati Bengkalis yang diwakili staf ahli Bupati Bustami HY menyambut baik program Kapolri ini dan pemerintah daerah siap mendukung program ini demi terwujudnya rasa aman masyarakat di kabupaten Bengkalis 

"Kita dari pemerintah daerah sangat mendukung program ini, dengan adanya polisi RW ini kedekatan masyarakat dengan polisi semakin terjalin dengan baik dan dapat meningkatkan rasa aman," tutup Bustami.

Kegiatan launching Polisi RW ini juga dimeriahkan dengan berbagai Yel Yel Nyanyian Polisi RW oleh Personil Polisi RW dan Pelepasan Polisi RW Menggunakan Speed Boat yang disediakan oleh Polres Bengkalis.

Diakhir kegiatan tersebut juga turut menyaksikan secara virtual launching Polisi RW oleh Polda Riau yang disaksikan Kapolres se-Provinsi Riau.

Terlihat Hadir pada launching tersebut Kajari Bengkalis Zainur Arifin, Pimpinan Instansi Vertikal. (RN) 
Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro Resmi melounching Polisi Rukun Warga (RW)
4/ 5
Oleh