Kamis, 22 Juni 2023

Kunjungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Ke Desa Damai Bengkalis

BENGKALIS - suarakedaulatan.id
Dilaksanakan di halaman kantor desa Damai kecamatan Bengkalis Kunjungan kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia, Rabu 22 Juni 2023

Dikatakan Pemdes Damai, dimana desa ini merupakan desa pemekaran dari desa temeran yaitu di tahun 2014, kemudian desa damai terdiri dari 3 dusun 3 RW dan 9 RT . Untuk diketahui bersama desa ini lebih banyak memberdayakan perempuan, mungkin ini menjadi salah satu indikator menetapkan bahwa desa Damai merupakan desa ramah perempuan dan peduli anak, dan Alhamdulillah 9 RT nya yaitu perempuan.

Di Desa damai untuk pemberdayaan perempuan, banyak kegiatan yang sudah di lakukan terutama usaha peningkatan ekonomi keluarga, Di mana ibu ibu rumah tangga yang menjadi prioritas utama, bekerja sama dengan pemerintah desa, PKK, relawan SAPA dan instansi terkait lainnya, untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Untuk anak, desa kami juga telah melakukan upaya untuk menjadikan desa ini desa layak anak, dengan mengadakan magrib mengaji, didikan subuh, kegiatan olah raga dan lain sebagainya, sebelum desa ini di tetapkan sebagai desa ramah perempuan dan layak anak, dan setelah ditetapkan maka kegiatan ini lebih di kembangkan lagi ujar Asnawati selaku relawan Sapa ( Sahabat Perempuan Dan Anak ) Desa Damai . Di Desa Damai sendiri lebih memprioritaskan usia balita , batita dan paud, karena ini merupakan pondasi awal untuk pembentukan karakter anak, untuk kegiatan remaja nya kami melakukan pembinaan terhadap kesenian, budaya, olahraga pembinaan pengembangan tilawatil Qur'an, kaligrafi dan lain lain.

Untuk di ketahui bersama desa damai mengikuti lomba posyandu tingkat kabupaten , dalam hal ini posyandu cempaka putih desa damai mendapatkan no 2 di tahun 2022, dan Desa Damai ini di tetapkan menjadi lokus stanting yang mana jumlah anak stanting di desa ini berjumlah 11 orang dan Alhamdulillah tahun ini berkurang menjadi 2 orang dan harapan nya tidak ada lagi anak yang stanting di desa ini harap pemdes Damai.

Dalam sambutannya selaku Tim verifikasi lapangan atau Kunjungan KLA kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Republik Indonesia Hary mengucapkan terimakasih kepada bupati Bengkalis, camat Bengkalis kepada kades Damai, Kamtibmas, Babinsa dan perangkat desa lainnya , atas sambutan baik nya dalam kunjungan kami di kabupaten Bengkalis, khususnya di pagi ni kunjungan kami di desa Damai.
Kenapa selalu ada inovasi dan perubahan yang di lakukan di desa, ini demi perbaikan untuk pemberdayaan perempuan dan anak. Desa damai ini sudah menjadi desa percontohan dari desa desa yang lain di kecamatan Bengkalis, dengan melihat apa yang sudah dialkukan desa damai ini.
Karena 10 indikator itu sangat menyatu terhadap perempuan dan anak, bagaimana perempuan dilindungi anak di lindungi dan keluarga juga di lindungi .

DRPPA ini tidak terlepas dari beberapa unsur dan ikut melibatkan unsur yg ada dimasyarakat, baik itu dari pemerintah daerah , Pemdes, tokoh adat, tokoh masyarakat , tokoh agama, Kamtibmas, Babinsa bersatu padu bagaimana untuk mewujudkan DRPPA, ini lah menjadi harapan kami, tutup Hary.(RN) 
Kunjungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Ke Desa Damai Bengkalis
4/ 5
Oleh