Rabu, 19 Juli 2023

Kunjungan Tim Penilai PHBS Puskesmas Bengkalis Ke Desa Kelapapati

Bengkalis. Suara kedaulatan.id
Desa Kelapapati kecamatan Bengkalis kabupaten Bengkalis didatangi rombongan tim Penilai Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ,(PHBS) UPT Puskesmas Bengkalis yang dipimpin langsung oleh dr. Risma Budi Yanti kepala puskesmas Bengkalis di kantor desa kelapapati pada hari Selasa 18/07/2023, 

Rombongan tim penilai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) disambut oleh Kepala desa, ketua DPD beserta anggota, tim penggerak PKK, ketua Posyandu, poslansia para kader PHBS dan Germas desa kelapapati.

Kades kelapapati Dasril mengucapkan Selamat datang kepada rombongan tim penilai PHBS UPT kecamatan Puskesmas Bengkalis, atas kunjungan nya untuk penilaian PHBS. Dan mengucapkan terimakasih kepada, ketua tim penggerak PKK, kader PHBS , kader Germas, posyandu , dan seluruh unsur yang telah bekerja keras untuk terlaksanakan acara ini.
Dalam kesempatan ini juga, Sambutan dari kepala puskesmas Bengkalis Dr. Hj. Rima Budiarti sebagai ketua tim penilai dari pihak Puskesmas Bengkalis, mengatakan "Kampung yang terpilih menjadi kampung Germas betul - betul telah menerapkan dan menjalankan 10 indikator PHBS " kata dr. Risma.

Dan "Makna dari 10 indikator PHBS tersebut yaitu apa itu Berprilaku Hidup Bersih dan Sehat, kami berharap semua masyarakat Desa Kelapapati bisa Berprilaku Hidup Bersih dan Sehat atau ber PHBS" ucap Dr. Rima.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian data dan profil desa melalui dokumenter video pendek, dan kegiatan kegiatan PHBS desa kelapapati yang dipandu oleh kader PHBS Marisah .S.pdi

Dilanjutkan dengan peninjauan ke kampung Germas desa kelapapati oleh para rombongan tim Penilai PHBS didampingi oleh bapak kades, ketua BPD dan anggota, ketua tim pengerak PKK, ketua posyandu, ketua poslansia, kader - kader PHBS dan Germas.

Dalam kesempatan ini juga salah satu tim penilai dr.Safra Rita , mengatakan " Alhamdulillah kunjungan kedesa Kelapapati desa siaga atau kampung germas yang beralamat di RT 02 RW 03 jalan kelapapati laut ini berjalan dengan baik, dan di dapati lingkungan nya bersih , memiliki tempat sampah dan tempat penampungan air nya tertutup dengan rapi, dan kita melihat masyarakat disini sudah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat , kita juga memberikan apresiasi kepada masyarakat di sini, karna sudah mulai memperhatikan kesehatan nya seperti tidak merokok di dalam rumah, dan telah menyediakan pojok merokok, dan di harapkan kedepannya masyarakat lebih memperhatikan kesehatan bagi bapak bapaknya supaya tidak merokok lagi, meskipun ada beberapa kekurangan namun kami sangat senang masyarakat sudah mulai memperhatikan dan mulai sadar dengan berprilaku hidup bersih dan sehat ini, ".

Ada 14 desa yang akan di lakukan penilaian oleh tim Penilaian PHBS ini , yang di lakukan oleh tim penilai PHBS yakni meliputi kepala puskesmas, bapak KTU , kesehatan lingkungan, kesehatan ibu dan anak , popkes, dan tim PHBS dan lain lain, dan diharapkan desa yang masyarakatnya ber PHBS dapat menjadi desa percontohan bagi desa desa yang lainnya, tutup dr. Safra Rita K .(RN) 
Kunjungan Tim Penilai PHBS Puskesmas Bengkalis Ke Desa Kelapapati
4/ 5
Oleh