Selasa, 22 Agustus 2023

Pemdes Perapat Tunggal Melaksanakan Sosialisasi Hukum Terhadap Pemerintah Dan Masyarakat Desa


Bengkalis. Suara kedaulatan.id
Kegiatan demi kegiatan giat di lakukan  pemdes Perapat Tunggal, walau masa jabatan nya tinggal menghitung hari, salah satunya melalui kegiatan sosialisasi hukum terhadap pemerintah desa yang mendatangkan narasumber dari pihak polres bengkalis yang di laksanakan di Aula kantor desa, Selasa 22 Agustus 2023 pukul 10.30 wib.

Kata sambutan dari kepala desa Perapat Tunggal pak Ahmad, " melalui sosialisasi hukum kali ini saya selaku kades mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang hadir pada hari ini yakni dari pihak Kapolres Bengkalis, ketua BPD dan anggota, ketua RT, ketua RW, kepala dusun, korcam PDP dan perangkat desa Perapat Tunggal , dalam kegiatan sosialisasi hukum terhadap pemerintah dan masyarakat desa ini, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim sosialisasi ini resmi di buka ". Ucap kades yang gemar berpantun tersebut.

Dari pihak polres sendiri yakni BRIPTU Deliana Santa lorenza S.H , dari unit 3 Tipikor kabupaten Bengkalis yang menjadi narasumber pada kesempatan kali ini, Paparan tentang penyalah guna dana desa yang di jelaskan oleh pihak polres kepada anggota sosialisasi yang hadir pada hari ini, serta hukuman apa yang akan di sanksi kan kepada yang melanggar, mendapat sambutan baik dari peserta sosialisasi tersebut.
Ada 3 metode strategi yang di sampaikan oleh buk Delli , yakni, 
1.strategi prefentiv, contoh sosialisasi masyarakat.
2. Strategi represif, contohnya pengembalian dana dan,
3. Strategi restoratif, atau sudah sampai ke penegakan hukum , yang harapan kita bersama tidak terjadi di desa Perapat Tunggal ini ujar nya,.

Tidak hanya permasalahan penyalahguna dana desa yang di jelaskan namun, ada beberapa permasalahan hukum yang terjadi di desa serta sanksi nya, namun juga permasalahan terkait dengan kemasyarakatan seperti kdrt, pola asuh anak yang benar dan baik, tentang kepengurusan surat surat kendaraan dan lain lain, yang semua di jawab oleh Nara sumber Deliana Santa lorenza. Kegiatan sosialisasi di tutup dengan doa yang di bacakan oleh Nazri dan sesi foto bersama. (RN) 
Pemdes Perapat Tunggal Melaksanakan Sosialisasi Hukum Terhadap Pemerintah Dan Masyarakat Desa
4/ 5
Oleh