Jumat, 29 September 2023

APBD-P Rohil Disahkan Rp2,4 Triliun

Rohil-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar sidang paripurna penyampaian laporan pembahasan atas ranperda perubahan APBD tahun anggaran 2023 oleh Badan Anggaran (Banggar) sekaligus pengambilan keputusan penetapan APBD perubahan, Jumat (29/9) malam. 

Rapat paripurna yang digelar di ruang sidang DPRD tersebut dipimpin Wakil Ketua DPRD Abdullah didampingi Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, Hamzah dan dihadiri Bupati Rohil Afrizal Sintong, Sekdakab H Fauzi Efrizal serta kepala OPD.

Wakil Ketua DPRD Rohil Abdullah menjelaskan, rancangan perubahan APBD 2023 yang diajukan oleh Bupati Rohil telah melalui beberapa tingkat pembicaraan pembahasan sesuai dengan tahapan yang diatur dalam tata tertib DPRD dan peraturan perundangan yang berlaku.

’Baik secara internal DPRD maupun melalui badan anggaran dengan TAPD bersama dengan OPD di lingkungan Pemkab Rohil,’’ katanya. 

Tim Banggar DPRD Rohil Amansyah pada penyampaiannya menyebutkan, terdapat perubahan anggaran untuk pendapatan daerah menjadi Rp2,4 triliun lebih dari sebelumnya Rp2,1 triliun atau bertambah sebesar Rp292 miliar lebih.

Kemudian belanja daerah, terangnya, juga mengalami perubahan dari sebelumnya sebesar Rp2,2 triliun lebih menjadi Rp2,4 triliun lebih mengalami peningkatan sebesar Rp230 miliar lebih.

Selanjutnya pembiayaan daerah juga mengalami perubahan yang bersumber dari sisa lebih perhitungan tahun anggaran sebelumnya (Silpa) dari awalnya sebesar Rp65 miliar lebih sesuai dengan LHP BPK RI dan untuk pengeluaran pembiayaan tidak mengalami perubahan yaitu sebesar Rp0. 

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong MSi mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota dewan dan TAPD yang telah bekerja sama dalam proses pembahasan Ranperda APBD-P tahun 2023. ‘

’Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja keras DPRD dan TAPD hingga APBDP ini disahkan,’’ kata Bupati.(Chan) 


APBD-P Rohil Disahkan Rp2,4 Triliun
4/ 5
Oleh