Kamis, 28 September 2023

Dukung Terwujudnya Pemilu dan Pilpeng yang Damai


Rohil-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir (Rohil) Maston menegaskan, mendukung terwujudnya pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 secara damai.  Harapan yang sama juga pada pelaksanaan Pemilihan Kepenghuluan (Pilpeng) serentak tahap I se-Rohil yang akan digelar pada tahun 2023 ini.  

Hal itu dikatakan Maston di sela menghadiri kegiatan pernyataan deklarasi damai pemilu yang diikuti para peserta pemilu serta pernyataan deklarasi damai pilpeng yang diikuti puluhan calon datuk penghulu se-Rohil di Gedung Pertemuan H Misran Rais di Bagansiapiapi, Rabu (21/9) kemarin. 

“Tentunya kami sangat mendukung terwujudnya pemilu yang damai, apapun yang menjadi pilihan dari masyarakat yang namanya pilihan tentu beda dan hal itu yang biasa dalam demokrasi,” katanya. 

Begitu juga, terangnya, setiap pihak yang mengikuti baik pemilu, maupun pilpeng harus bisa memiliki sikap yang siap kalah dan siap pula menang. 

Di mana, terangnya, dalam setiap kontestasi tentunya ada pihak yang menang dan yang kalah, bagi pihak yang tidak siap dengan kekalahan maka hal itu justeru rawan dengan mengakibatnya hal yang menganggu keamanan.  

Karena itu, tambahnya, sangat penting agar setiap kontestan dapat memiliki sikap yang siap kalah dan siap menang, sehingga apa yang merupakan tolok ukur dari keamanan, ketertiban pemilu maupun pilpeng dapat dipertahankan bersama-sama.

Selain itu dirinya mengajak agar setiap peserta yang terlibat bisa mengikuti setiap aturan yang berlaku dengan baik. Seperti adanya pengawasan dari Bawaslu, panitia yang telah dibentuk maka apapun yang menjadi aturan jangan sampai dilanggar. Bila semua peserta taat dengan aturan tambahnya maka diyakini dalam setiap tahapan yang berjalan bisa berlangsung dengan aman dan kondusif. 

“Di sisi lain tak kalah pentingnya bagaimana mengedepankan sikap yang saing hormat menghormati satu sama lainnya,” kata Maston. 


Pada kegiatan deklarasi damai tersebut, Maston turut membubuhkan tandatangan sebagai dukungan untuk berkomitmen mewujudkan pelaksanaan pemilu maupun pilpeng yang aman dan damai bersama-sama dengan jajaran pejabata forkopimda Rohil.
Dukung Terwujudnya Pemilu dan Pilpeng yang Damai
4/ 5
Oleh