Senin, 23 Oktober 2023

GenBi Tanam Mangrove di Ekowisata Desa Kelapapati

Bengkalis.suarakedaulatan.id
Generasi Baru Indonesia (GenBI) Riau Komisariat Politeknik Negeri Bengkalis melakukan kegiatan kegiatan GenBI Peduli Lingkungan di Desa Kelapapati Kecamatan Bengkalis tepatnya di kelompok Konservasi Mangrove Paghet Senghaggah, Sabtu (23/9/23). 

Rangkaian kegiatan GenBI proker divisi Lingkungan meliputi pemaparan materi mengenai seputar mangrove dan praktek pembibitan, serta penanaman mangrove langsung secara bersama–sama di Kawasan mangrove tersebut.
Ketua pelaksana Muhammad Syawal Saini menjelaskan kegiatan ini terselenggara oleh program kerja divisi lingkungan yang pada tahun ini dengan tema GenBI Care Mangrove Foor Better Life.

“Kegiatan ini selain merupakan proker dari divisi lingkungan juga untuk mendorong kita semua agar memahami, menjaga dan merawat lingkungan kita walaupun dengan langkah kecil seperti menanam pohon mangrove pada daerah pesisir”, ungkap Syawal. 

Syawal juga menjelaskan bahwa mereka yang tergabung di dalam GenBI merupakan mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Bank Indonesia.

Kegiatan ini juga melibatkan LSM Bahtera Melayu sebagai narasumber yang di hadiri oleh Defitri Akbar sebagai Direktur eksekutif dan Khairul Saleh sebagai Sekretaris Eksekutif. 

Menurut Dedek panggilan akrab direktur Bahtera Melayu ini, pihaknya sebagai lembaga yang bergerak di bidang lingkungan hidup sangat mengapresiasi sekali terhadap mahasiswa Polbeng yang tergabung di dalam GenBI ini.

"Kami sebagi narasumber lebih banyak menjelaskan manfaat hutan mangrove kedepannya sebagai penyanggah untuk karbon yang bisa menjadi nilai jual untuk Masyarakat pengelola Kawasan konservasi maupun daerah ungkap," bang dedek.

Salah sorang Penggagas kelompok Rio Fernandes mengungkapkan kelompok ini mengelola sekitar 10 hektar lahan yang sudah di mulai sejak tahun 2012 silam. Dan mendapat dukungan dari pemerintah desa.

Selanjutnya pihak desa diwakili Sekdes dan BPD Desa Kelapapati, Edi Firdaus memberikan apresiasi kepada GenBI atau mahasiswa Politeknik Bengkalis yang telah memilih Desa Kelapapati khusunya kelompok konservasi mangrove paghet senghaggah jadi pilihan kegiatan.

Kemudian, Pak Yong Den sapaan ketua BPD juga mengungkapkan hal yang sama bahwa kelompok ini benar-benar konsen dalam kegiatan lingkungan di desa ini, sehingga patut diberi dukungan.

"Kami dari pemerintah desa sangat mendukung. Ya dapat anak-anak lihat jalan masuk ke lokasi dan gerbang Kawasan ini di bangun oleh desa," ucapnya. ***RN
GenBi Tanam Mangrove di Ekowisata Desa Kelapapati
4/ 5
Oleh