Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bengkalis Merealisasikan Pembangunan Jalan Akses Menuju Kebun di Desa Kuala Alam

BENGKALIS (suarakedaulatannews.com) – Untuk meningkatkan kualitas pertanian dan mempermudahkan petani kebun di Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bengkalis merealisasikan pembangunan jalan akses menuju kebun di wilayah Dusun. 3, RT. 012, RW. 06 Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis.

Karena petani karet dan petani nenas di Kabupaten Bengkalis di tahun 2021 ini paling banyak ada di wilayah tersebut yaitu 70 hektar luasan areal tanaman karet dan tanaman nenas. Kepala Desa Kuala Alam Sudihartono menjelaskan pembangunan jalan menuju kebun warga atau dikenal dengan jalan pertanian masyarakat, merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam perbaikan sarana Infrastruktur.

“Pembangunan jalan pertanian dan perkebunan ini sangat dibutuhkan para petani dalam upaya memperlancarkan dan mempermudah transportasi keluar dan masuk untuk membawa hasil pertanian”. Ujarnya.

Menurut Tarmizi, salah seorang warga setempat, pembangunan jalan perkebunan desa berukuran sepanjang 3 km dan lebar 3 meter. Pembangunan jalan pertanian dan perkebunan yang dilaksanakan awal beberapa tahun yang lalu ini berasal dari anggaran APBDES dan melalui Bumdes Kuala Alam.

“Selain mengurangi jarak tempuh, dengan dibangunnya jalan pertanian untuk warga masyarakat ini tentunya akan mengurangi biaya petani dalam angkutan sarana untuk membawa hasil perkebunan karet dan nenas ke tempat penampungan atau penjualan”. Ucapnya.

Menurutnya, pembangunan jalan pertanian dan perkebunan itu juga atas permintaan masyarakat dari kelompok pertanian karet maupun kelompok pertanian nenas. “Itu permintaan dari para petani, karena selama ini mereka mengeluhkan biaya yang mahal untuk membawa hasil perkebunan, karena jalan yang tak bisa di lalui oleh kendaraan seperti gelobak mau pun mobil pick up”. Ucapnya.

Tarmizi juga menjelaskan bahwa pembangunan jalan kebun pertanian memang perlu mendapatkan perhatian khusus, karena dengan dibangunnya jalan akses menuju perkebunan ini akan sangat membantu para petani para petani yang ada diwilayah tersebut. ” Saat ini pembangunan sudah mencapai 20 persen, diharapkan pekerjaan pembangunan jalan ini sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.” Pungkasnya.(Idrus)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x