Pemdes Ketam Putih dan Masyarakat Ciptakan Lingkungan Bersih

Bengkalis (Suarakedaulatannews.com) – Perangkat Desa Ketam Putih bersama masyarakatmelaksanakan kerja Bhakti jumaat bersih di wilayah dusun 2 desa ketam putih kecamatan bengkalis, kabupaten Bengkalis Riau jumat (9/7/2021). 

 

Jum’at bersih adalah suatu kegiatan yang dilakukan pada hari jumat, di mana warga melakukan Aktivitas bersih yang bersifat gotong royong. 

 

Di lndonesia, sebagian besar masyarakatnya melaksanakan kegiatan ini secara rutin dan sudah menjadi kegiatan yang umum di lakukan oleh masyarakat. banyak manfaat dari kegiatan jumaat bersih ini. Manfaatnya antara lain yaitu lingkungan menjadi bersih, menumbuhkan rasa saling peduli dalam hal kebersihan, dan menguatkan tali siturahmi dengan masyarakat

 

Namun minat masyarakat untuk gotong royong dalam kegiatan ini semakin berkurang dari waktu ke waktu. Tentu saja ini sangat memprihatinkan karena melemahkan kebudayaan gotong royong di masyarakat maka dari itu kepala desa ketam putih dengan perangkat desa RT/RW dan kepala dusun untuk melaksanakan kegiatan kerja Bhakti supaya tradisi gotong royong tidak hilang, ungkap bapak Suhaimi kepala desa ketam putih

 

Kegiatan jumat bersih yang di laksanakan di desa ketam putih bertujuan untuk meningkatkan sikap gotong royong di masyarakat, meningkatkan rasa kepedulian akan kebersihan lingkungan, dan membiasakan hidup sehat. 

 

Hasil di peroleh dari kegiatan jumsih ini antara lain lingkungan sekitar rumah dan saluran tali air tersumbat menjadi bersih dan tidak ada rumput yang menupi tali air dan tidak ada sampah yang berserakan, antuasias masyarakat juga sangat baik dan perhatian pada lingkungan ini di lihat banyaknya masyarakat yang hadir dan ibu- ibu yang menyiapkan dan mengantarkan makanan dalam kegiatan jumaat bersih ini ( Idrus)