Ringankan Beban Ekonomi Masyarakat, Pemdes Kelebuk Salurkan BLT -DD Tahap ll Tahun 2021

Bengkalis, Suarakedaulatannews.com – Upaya untuk memulihkan Ekonomi masyarakat terus di lakukan oleh pemerintah desa(pemdes) Kelebuk, dengan menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD), tahap ll bertempat di balai desa Kelebuk kecamatan bengkalis, kabupaten Bengkalis, Riau Selasa (22/6/2021).

Penyaluran BLT-DD tersebut di salurkan kepada sebanyak 60 keluarga penerima manfaat (KPM). Kegiatan di pimpin langsung oleh kepala desa kelebuk, Khairuddin, bendahara Sukandar,kasi kesejahtraan Sugeng Utomo dan juga di hadiri satgas Saraponin Kepala desa kelebuk Khairudin mengatakan jumlah penerima BLT – DD tahap ll tahun 2021ini sebanyak 60 KPM, tidak sama seperti pada jumlah penerima penyaluran tahap l sebelumnya. “Terimakasih saya ucapkan kepada semua pihak terkait yang telah membantu terlaksananya kegiatan penyaluran BLT-DD tahap ll tahun 2021 ini dengan lancar.

Dengan adanya pemantauan oleh semua pihak, kita berharap bahwa penyaluran BLT-DD ini benar-benar tepat sasaran ” Tutur kades Khairudin menegaskan. Lanjut pria yang kerap di sapa kades Udin ini, adapun besarnya bantuan yang telah di terima langsung sebesar Rp300.000;/ KPM dan telah di serahkan kepada 60 KPM. Bantuan BLT ini akan di salurkan selama 12 bulan setiap bulannya menerima BLT-DD sebesar Rp 300.000; perbulannya. Selain itu beliau menyampaikan terkait dengan kesadaran masyarakat menjaga lingkungannya dengan baik dengan cara menyukseskan program STBM pilar 4dan5, mengingat kasus DB masih terjadi hal ini di harapkan masyarakat bisa menjaga lingkungan yang bersih ” harap kades udin. Kades Udin juga mengakui, terkait jumlah dan nama-nama penerima bantuan ini pihaknya telah melakukan pemutakhiran data berulang- ulang kali, di teliti lakukan Verifikasi data yang betul- betul tepat sasaran bagi yang berhak menerima. ” Tentu tujuannya agar tidak tumpang tindih dengan penerima PKH, BPNT dan BST serta penerima bantuan lainnya. Hal itu pada akhirnya di tetapkan melalui musyawarah bersama BPD ” jelas kades Udin menambahkan. Dengan adanya BLT -DD ini kata kades Udin, masyarakat bisa sedikit terbantu dalam memenuhi kebutuhan di tengah menghadapi pandemi covid-19, yang sedang melanda Indonesia.

Beliau menambahkan, dalam penyaluran tahap ll ini pemdes Kelebuk berpesan kepada masyarakat agar kiranya bersatu padu melawan covid-19 dengan cara selalu memperhatikan himbauan dari protokol kesehatan dan harapan bantuan BLT ini di manfaat semaksimal mukin di tengah wabah Corona. ” Mari kita bersama-sama melawan covid ini dengan cara mengikuti himbauan protokol kesehatan dan berharap semoga bantuan BLT -DD ini bisa di manfaat dengan sebaik -baiknya, setidaknya bisa meringankan sedikit beban kebutuhan sehari-hari khususnya yang kena dampak pandemi ini” ulas kades Udin saat di temui di ruang kerjanya.

Untuk diketahui, bahwa pembahagian BLT – DD tahap ll tersebut berdasarkan permendes pdtt nomor 13 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa, di mana pengguna dana desa tahun 2021 telah di amanatkan salah satu untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT). Adapun dalam penyaluran bantuan BLT -DD ini tetap memerhatikan dan menerapkan standard protokol kesehatan ( Idrus)