Tanggapi Masukan Penumpang Roro | Wabup : Ini Merupakan Program Unggulan, InsyaAllah Akan Kita Percepat

BENGKALIS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis berkomitmen akan menambah trip Roro Air Putih-Sei Selari Pakning menjadi 24 jam atau minimal untuk hari-hari ramai penumpang, Jumat, Sabtu Minggu.

Tidak hanya penambahan trip penyeberangan, Pemkab juga berencana mengatur ulang tonase angkutan yang saat ini hanya dibatasi beberapa ton muatan.

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, di sela-sela antrian di pelabuhan roro sempat menemui sejumlah calon penumpang, baik penumpang umum, angkutan barang termasuk sejumlah sopir travel.

“Untuk tonasenya pak, kalau bisa ditambah minimal 8 ton, biar harga sawit di pulau Bengkalis tak begitu rendah dibanding di daratan,”ungkap salah seorang sopir L300 saat berbincang dengan Wabup Bengkalis Bagus Santoso.

Sementara itu salah seorang sopir travel, Aseng berharap jam operasional Roro agar ditambah dengan menjadi 24 jam. Katanya sangat membantu penumpang dan pengusaha travel yang kebetulan pulang atau datang ke Bengkalis diluar jam operasional roro.

“Kalau bisa jamnya ditambah pak, menjadi 24 jam lebih Bagus,”ujarnya.

Sementara itu pengusaha travel lainnya, pak Lung, juga berharap agar jalur travel (angkutan umum) terpisah dengan jalur angkutan barang atau jalur pribadi.

“Kalau bisa dipisahkan pak, jalur umum dengan pribadi,”ucap pak Lung.

Menanggapi berbagai masukan baik dari para sopir travel, sopir angkutan barang dan lainnya, Bagus Santoso mengatakan akan membicarakannya setelah berbagai masukan tersebut kepada pihak-pihak terkait

“Pelabuhan dan layanan Roro ini adalah pintu gerbang pulau Bengkalis, karenanya harus benar-benar tertata dengan baik, mulai dari sisi antriannya, tiketnya, tonase dan lainnnya. Masukan semacam ini sangat baik dan akan kami bahas lebih lanjut untuk kebaikan kita bersama,”ungkap Bagus Santoso.

Sesuai dengan salah satu program kampanye Kasmarni-Bagus, penambahan jam atau trip roro menjadi salah satu program unggulannya.

“Paling tidak untuk tahap awal kita tambah jam atau trip pada saat penumpang ramai, mulai hari Jumat, Sabtu dan Minggu,”ucap Bagus Santoso. — Mahfud