Organisasi Pers Jambi Mengutuk Keras Dan Tindak Pelaku Kekerasan Secara Hukum Terhadap Wartawan Nurhadi

JAMBI(SK) Aksi Bersama yang dilakukan AJI berlokasi Bundaran Tugu juang kota jambi secara damai, untuk mendukung proses penegakan terhadap pelaku kekerasan dan ancaman pembunuhan Jurnalis Tempo Nurhadi, sabtu (3/4/2021). 

Nurhadi, melalui redaksi Tempo dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers melaporkan dugaan kekerasan ke Kepolisian Daerah Jawa Timur dan Divisi Profesi dan Pengamanan Polri. 

Sehubungan terlapor dalam perkara ini ialah oknum polisi bernama Purwanto dkk atas dugaan melanggar Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 351 KUHP dan atau Pasal 335 KUHP dan atau Pasal 18 UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Kasus kekerasan atau dugaan penganiayaan wartawan Tempo Nurhadi terjadi pada Sabtu, 27 Maret 2021. Ketika itu ia mendapat tugas dari kantornya untuk mewawancarai tersangka kasus suap pajak, Angin Prayitno Aji.

 

Adapun pernyataan sikap Aliansi Jurnalis (AJI) Kota jambi Pers Mahasiswa Jambi

1. Usut tuntas Kasus kekerasan dan Ancaman pembunuhan terhadap Nurhadi jurnalis Tempo tanpa memandang jabatan dan instansi manapun dari para pelaku, karena ini adalah Pelanggaran terhadap amanah undang – undang.

2. Kami menuntut sikap profesionalme Polri dalam proses penyidikan perkara ini. Sehingga siapapun yang terbukti bersalah baik itu oknum TKI maupun oknum polisi harusla proses secara hukum sesuai ketentua Undang – undang di negeri ini,” Ujar ketua AJI Kota Jambi Ahmad Riki Sufrian

(Agustiawan)