TKP Melakukan Evakuasi Warga Terjebak Banjir Di Tanjung Selamat dan Beberapa Titik Banjir Di Kota Medan  

MEDAN, (SK) – 6/12/2020 – Curah hujan tinggi dan juga pecahnya tanggul sungai tanjung selamat yang biasa disebut sungai Belawan mengakibatkan banjir di Tanjung Selamat dan beberapa kecamatan di Kota Medan.

 

Atas kondisi itu, Tempat Kita Peduli ( TKP ) mengambil langkah peduli untuk membantu saudara yang terdampak bencana alam banjir di Kota Medan ini, dengan memberikan amanah bantuan dari donatur dan juga membantu mengevakuasi warga yang terjebak banjir, melakukan pembersihan dampak banjir, serta ikut melakukan pencarian terhadap warga yang dinyatakan masih belum ditemukan.

 

Menurut M. Hidayatullah selaku Koordinator Darurat & Logistik Tempat Kita Peduli ( TKP ), mulai dari 4 Desember 2020 sampai dengan saat ini tim Tempat Kita Peduli ( TKP ) merespon dan menurunkan sedikitnya 12 Relawan yang ikut dalam proses evakuasi, pencarian dan pertolongan serta distribusi bantuan kepada saudara kita yang terdampak bencana alam banjir di Kota Medan.

 

Di lokasi yang sama, Julil Amri selaku Bendahara Umum Tempat Kita Peduli ( TKP ) menjelaskan, TKP berkomitmen untuk terus masif melakukan Aksi Kepedulian Banjir Di Kota Medan. Saat ini tim juga sudah dipecah di beberapa titik, ada yg di Tanjung Selamat, di Seputaran Medan Maimun dan juga ada beberapa di Sungai Tembung / DAS Percut karena tim mendapat laporan ada 1 jiwa yang dilaporkan hanyut.

 

Menurut Sri Suartini yang merupakan Sekretaris Umum Tempat Kita Peduli ( TKP ), selain di Medan, TKP juga terus masif merespon kepedulian seperti di Siantar – Simalungun bencana alam longsor dan lainnya.

Bantuan Kemanusiaan juga terus kita himpun dan kita salurkan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir ini.

 

Menurut data dari BPBD Kota Medan sebanyak 11 Kecamatan / 19 Kelurahan dari 21 kecamatan di Kota Medan terendam Banjir. Dampak dari Banjir kali ini sebanyak 8.938 KK / 31.197 Jiwa / 7.872 Rumah Terdampak Banjir. Dan 6 jiwa yang dinyatakan hanyut sudah ditemukan dan dalam keadaan Meninggal Dunia, 1 jiwa masih terus dilakukan pencarian oleh Tim Gabungan.

 

Saat ini TKP sudah membuka 2 Pos Kemanusiaan untuk terus menampung dan menyampaikan amanah bantuan kepada masyarakat terdampak banjir, ada di Simalingkar dan juga di Batang Kuis.

 

Harapannya, bantuan / amanah yang disalurkan melalui Tempat Kita Peduli ( TKP ) bisa bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak. Walau bantuan yang diberikan masih belum memenuhi segala kebutuhan warga di sana, tapi semoga bisa sedikitnya membantu. InsyaAllah ke depannya Tempat Kita Peduli ( TKP ) akan terus memberikan dan menyampaikan amanah bantuan….Red/at