2 Warga Terkonfirmasi Covid-19, Kades Erman : Tetap Waspada dan Diharapkan Pihak Kabupaten Peduli

MERANTI – Sebanyak 2 (dua) orang warga Desa Mekar Sari Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19. Salah seorang pasien awalnya merupakan salah seorang anggota KPPS dari pemeriksaan sebelum pelaksanaan Pilkada dan satu pasien lagi dinyatakan positif dari hasil pemeriksaan terhadap keluarga yang kontak erat dengan pasien pertama.
 
Dengan demikian, Tim Covid-19 Kecamatan Merbau bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Mekar Sari bergerak cepat melakukan koordinasi dan memberikan semangat kepada pasien serta masyarakat yang dilaksanakan di kantor Desa Mekar Sari pada Senin (14/12/2020) pagi.
 
Pertemuan tersebut dihadiri langsung Camat Merbau, Abdul Hamid SThI MM, Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung, dr H Suhadi beserta tim kesehatan, Bhabinkamtibmas Bripka Rinaldo, Babinsa Serda Ansari, Satpol PP Merbau, Kades Mekar Sari, Erman SPd didampingi Sekdes, Azman, tokoh masyarakat dan komponen lainnya.
 
Kepada Desa (Kades) Mekar Sari, Erman SPd usai pertemuan saat dikonfirmasi media ini menjelaskan, awalnya satu orang warga kita adalah anggota KPPS yang terkonfirmasi Covid-19 dari hasil pemeriksaan KPU Meranti sebelum Pilkada kemarin, kemudian terhadap keluarga yang kontak erat dengan pasien dilakukan sweb dan hasilnya semalam keluar dari RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru menyatakan orang tua pasien juga terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala dan yang lainnya dinyatakan negatif. Maka dari itu sejauh ini dua orang warga kita sudah dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan.
 
“Sehingga tadi dilakukan pemantauan oleh tim dari Pemerintah Kecamatan Merbau dan Pemerintah Desa sekaligus memberikan motifasi kepada pasien terkonfirmasi Covid-19 di Desa kita. Dimana penanganan nantinya akan dilakukan isolasi mandiri dengan cara terpisah antara kedua pasien dan tetap kita pantau sesuai protokol kesehatan agar menimalisir terjadinya penyebaran virus kepada yang lain”, beber Erman.
 
Orang nomor satu di Pemdes Mekar Sari itu juga menuturkan, dengan hal ini langkah yang kita ambil dengan cara memberikan himbauan kepada masyarakat Desa Mekar Sari untuk patuh terhadap protokol kesehatan dan mengupayakan membantu kebutuhan pokok berupa bantuan sembako untuk kedua pasien terkonfirmasi Covid-19 serta keluarga terdampak.
 
“Sejauh ini kita berupaya bantuan tersebut secara bersama antara pihak Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan dan bantuan masyarakat Mekar Sari dalam memenuhi kebutuhan itu semua. Kepada masyarakat diminta jangan panik, tetap waspada dan patuhi protokol kesehatan, saya juga berharap pihak Kabupaten peduli dengan ikut serta memberikan bantuan sembako maupun lainnya kepada masyarakat terkonfirmasi Covid-19 di Desa Mekar Sari ini”, ungkap Kades Erman berharap.
 
Sementara itu Camat Merbau, Abdul Hamid SThI MM saat dikonfirmasi mengatakan, tentunya dengan ini kami bersama tim kesehatan langsung turun memberikan semangat kepada pasien terkonfirmasi Covid-19 karena jika dilihat mereka seperti sedikit trauma dengan hal ini. Selain memberikan semangat juga memberikan pandangan kepada masyarakat untuk ikut membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona khususnya di Desa Mekar Sari saat ini.
 
“Dalam pertemuan tadi kita bersama Pemdes mengajak masyarakat dan para donatur yang sifatnya tidak mengingat untuk sama-sama bergotong royong membantu memenuhi kebutuhan pokok sembako kepada warga terkonfirmasi Covid-19 dan berjuang bersama dengan memberikan langkah-langkah agar penyebaran virus corona dapat diatasi dengan baik dan cepat nantinya sebagaimana yang diharapkan”, jelas Abdul Hamid.
 
Mantan Camat Tasik Putri Puyu tersebut juga mengharapkan, kepada seluruh masyarakat khususnya warga Desa Mekar Sari dan umumnya warga Kecamatan Merbau untuk dapat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker saat beraktifitas, sering mencuci tangan dan hindari kerumunan agar Pandemi Covid-19 di Kecamatan Merbau ini cepat berlalu, ungkapnya.(***)
 
 
 
 
Sumber(www.pesisirnasional.com)