Abrasi Pantai di Dusun Desa Prapat Tunggal Ancam Pemukiman Warga

BENGKALIS (suarakedaulatannews.com) – Abrasi pantai terus melanda di wilayah dusun Tua desa Prapat Tunggal, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kondisi di dusun Tua pantai Prapat Tunggal kian hari memprihatinkan, pasalnya akibat Abrasi yang mengikis pantai dusun Tua desa Prapat Tunggal telah mengancam pemukiman warga setempat, karena jarak dari pemukiman tinggal beberapa meter saja.

Salah seorang warga dilingkungan dusun Tua di desa Prapat Tunggal Aduat mengatakan, “Pemerintah harus segera melakukan penanggulangan, karena kalau tidak, dusun Tua desa Prapat Tunggal terancam hilang dari peta, kejadian ini sudah lama, jika terus dibiarkan akan habis daratan”. Ujarnya.

Sementara itu kepala dusun desa Prapat Tunggal Zamri mengatakan bahwa kondisi ini telah terjadi bertahun-tahun dan telah mengikis ratusan meter daratan pantai dusun Tua desa Prapat Tunggal, selama ini abrasi yang menghantam menghilangkan 50 persen wilayah dusun dan dalam setiap tahun hampir 10 meter wilayah pantai tegerus Abrasi.

“Coba bayangkan tanah warga di dusun tua yang masih ada dan lengkap dengan sertifikat hak milik, tapi tanahnya sebagian sudah hilang terkikis”. Tutur kepala dusun desa Prapat Tunggal.

Masyarakat dusun Tua desa Prapat Tunggal juga merasa khawatir jika kondisi terus seperti ini, sebab rumah dan tanah mereka bisa teracam hilang, kedati demikian, sejauh ini belum ada warga yang mengungsi atau pun memindahkan rumahnya ketempat yang lebih aman.

Selain itu, Abrasi juga berdampak terhadap objek wisata pantai Prapat Tunggal, kawasan ini menjadi sepi pengunjung akibat sejumlah bangun wisata sebagian hancur, karena hantaman terjangan ombak.

“Dulu ramai pengunjung yang datang setiap hari libur, tapi sekarang pengunjung berkurang dan sejauh ini pemerintah dulunya telah membangun tanggul pecah ombak panjang 200 meter sekitar 30 tahun yang lalu, namun hal itu tidak mampu menahan derasnya gelombang dan disertai ombak kapal motor setiap hari yang menghantam pantai dusun Tua desa Prapat Tunggal, sebab panjang garis pantai kurang lebih 2500 meter”. Tutur kepala dusun desa Prapat Tunggal.(Idrus)