Meriahkan HUT RI Ke-76, Desa Ketam Putih Gelar Lomba Perahu

 

Bengkalis, (Suarakedaulatannews.com) – Dalam memperingati HUT RI ke-76 tahun, Desa Ketam Putih, kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bangkalis mengadakan lomba perahu layar yang di buka secara resmi oleh Kepala Desa Ketam Putih Suhaimi di pinggir turap pantai sungai ketam putih, Sabtu (29/8/2021).

 

Perserta perahu layar yang mengikuti perlombaan berjumlah 17 perserta perahu layar, khususnya untuk masyarakat desa ketam putih dan kami tidak mengundang para perserta dari luar daerah lain. Para pengujung dan penonton kami harapkan juga agar tetap menjaga jarak, memakai masker, protokol kesehatan covid-19.

 

Saat ini sebaiknya masyarakat tetap membatasi dan merayakan kemerdekaan menggunakan masker dan menjaga jarak dan jangan berkerumunan,” harap Kepala Desa Ketam Putih Suhaimi.

 

Dalam pertandingan ini tiap perserta akan mengemudikan perahunya yang mana tiap perahu akan diisi empat orang saja. Perahu yang bisa melaju hingga sampai kegaris finis maka itulah pemenang perlombaan,” ujarnya.

 

Suhaimi menambahkan, perlombaan perahu layar yang berlangsung dari pinggir pantai pelabuhan desa ketam putih merupakan Even wisata desa ketam putih, kecamatan Bengkalis, setiap tahunnya di adakan oleh masyarakat desa ketam putih dari nenek moyang terdahulunya di adakan. Maka dari itu masyarakat desa ketam putih tidak ketinggalan untuk memeriahkan HUT RI ke-76 tahun.

 

Sementara itu Ketua pelaksana lomba sampan layar Zulkanaen, menjelaskan ada beberapa nama sampan yang ikut berpartipasi dalam lomba sampan layar tahun ini diantaranya finis sampan layar 1. nomor 13 pemburu laut
2. nomor 11 lintas samudra
3. nomor 16 laut biru.
4. nomor 10 maju jaya
5. nomor 5 raja laut Selaku ketua panitia.

 

Zulkarnaen mengaku sangat bangga dengan antusiasme masyarakat dalam menyebarakkan kemerdekaan HUT RI desa ketam putih saya yang ikut partisipasi, akan tetapi saat ini masyarakat di kecamatan lainnya yang berada di kabupaten Bengkalis sudah tahu bahwa di desa ketam putih mengadakan perlombaan sampan layar tiap tahunnya.

 

“Saya berharap tahun depan minat perserta untuk mengikuti lomba sampan layar ini meningkat, bahkan kalau bisa tidak hanya diikuti masyarakat desa ketam putih saja, tapi hendaknya di ikuti oleh masyarakat luar dari kabupaten Bengkalis dan tahun depan Insyaalah akan lebih meriahkan lagi,” tuturnya.

 

Acara ini cukup menarik antusias masyarakat menyaksikan bahkan ada perserta yang jauh hari sudah mempersiapkan segala kebutuhan dan persiapkan dalam mengikuti perlombaan sampan layar, tampak hadir kepala desa ketam putih Suhaimi, Sekdes, Perangkat Desa, BPD serta anggota, Satgas, Linmas, RT/RW, Kepala Dusun dan masyarakat setempat,” ujarnya.

 

Tambahnya, untuk para perlombaan dan para penonton di harapkan menggunakan masker, menjaga jarak jauhi dari kerumunan untuk melihat perlombaan perahu layar ini. Beberapa masyarakat desa ketam putih mengatakan lomba perahu layar adalah, Perlombaan setiap tahun di adakan oleh masyarakat desa ketam putih. Adapun tahun ini dilaksanakan khusus untuk memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-76 tahun.

 

Penulis : Idrus
Editor : Chandra