Warga Resah Akibat Banjir | Tak Hanya Rumah, Sejumlah Fasilitas Kantor Pun Terendam

BENGKALIS, Suarakedaulatannews.com – Sejumlah warga Desa Ketam Putih Mengatakan kejadian banjir di permukiman dan ruas jalan kini terbesar dalam dua tahun belakangan karena ketinggian mencapai lebih 30 centimeter.

Salah seorang warga Desa Ketam Putih Zulkarnain yang juga menjabat sebagai kepala dusun menilai, “terjangan air laut yang merendami fasilitas kantor, kali ini termasuk besar karena mencapai 30 Centimeter dan menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat. “

Lanjutnya, Banjir pasang laut biasanya tidak pernah seperti ini karena air hanya tergenang di jalan, namun kini banyak permukiman ikut terendam dan mengakibatkan peralatan rumah tangga berkarat jika tidak di selamatkan kata zulkarnain yang juga di sebut jang. Jumat, 20/11/20

Menurutnya, air laut naik kedaratan ini membuat pengendara sepeda motor kesulitan melintas dan tepaksa harus mencari jalan alternatif lain agar kendaraan tidak berkarat dan tidak mendadak mati akibat kedalaman air.

Warga lain Ardi mengatakan, musibah banjir pasang keling atau kerap dengan Istilah rob ini banyak di sayangkan masyarakat karena menghambat aktifitas kantor terganggu dan sering melanda areal permukiman serta ruas jalan umum.

Di katakan, musibah banjir rob ini juga merendam kantor Desa juga ruko dan rumah warga membuat aktifitas kantor terganggu karena ketinggian air tidak di memungkinkan proses pelaksanaan di kantor berjalan lancar.

Di harapkan pemeritah mencari solusi, agar banjir bandang rob atau akibat air hujan ini tidak terus menerus melanda permukiman dengan penataan drainase agar aktifitas tidak terganggu ” harap dia.

Dari Pemantauan, sejumlah kawasan terendam air laut seperti jalan utama desa kelemantan kemaren serta gang permukiman masyarakat tersebar beberapa desa di kawasan perkotaan.

Warga yang rumahnya di masuki air pasang laut ini terpaksa kerja keras
Untuk menyelamatkan perabotan rumah tangga dan bersihkan lantai dari sisa lumpur hasil endapan banjir (Idrus)