Bupati Kuansing Andi Putra Di Tangkap KPK Terkait Dugaan Suap Proses Penerbitan Izin Perkebunan (HGU)

Bupati kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) provinsi Riau, Andi Putra, dan seorang ajudannya sedang di proses di Polda Riau dengan sangkaan korupsi terkait Proyek Tol pekanbaru – Sumbar. 19/10/2021.

Dari informasi yang sedang viral saat ini, selain terkait proyek tol pekanbaru-sumbar, kabarnya ada juga terkait penerbitan surat Hak Guna Usaha (HGU) sebuah perusahaan, sehingga KPK menurunkan petugasnya melakukan penggeledahan di rumah dinas Bupati Kuansing, Andi Putra.

Kabarnya, operasi ini berlangsung pada Senin siang, 18 Oktober 2021. Sejumlah pejabat di Pemerintah Kabupaten Kuansing dikabarkan dibawa oleh petugas KPK, termasuk Bupati Andi Putra dan seorang ajudannya, sebagaiamana disampaikan oleh juru bicara KPK RI, Ali Fikri kepada awak media, hari ini, 19 Oktober 2021.

,”KPK mengamankan beberapa pihak, sejauh ini ada sekitar 8 orang, diantaranya benar, Bupati Kuansing, ajudan dan beberapa pihak swasta. 
Hingga kini ini masih terus dilakukan pemeriksaan,” tulis Ali Fikri melalui akun WA.

Menurut Ali Fikri, pihaknya menerima informasi adanya dugaan suap atau imbalan berupa hadiah dalam proses penerbitan izin perkebunan.

,”Informasi yang kami peroleh terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadiah terkait dengan perijinan perkebunan. Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut,” sebut Fikri.

Dilanjutkan Fikri, para terduga korupsi tersebut belum dibawa ke Jakarta karena masih diperiksa intensif di Mapolda Riau hingga Selasa siang, 19 Oktober 2021.

Terkait hal ini, kabid Humas Polda Riau Komisaris Besar Sunarto membenarkan ada kegiatan KPK di Polda Riau.

Dia juga tak menampik ada Bupati Kuansing Andi Putra di Polda Riau saat ini.

“Iya, lagi diperiksa,” kata Sunarto.

 Rilis : Feri.S aktual detik

Editor: Rio

Sumber: Larshen Y