Gubri dan Bupati Rohil Puji Prestasi Rumah Tahfiz Al Quran Darul Muqomah

 

Rohil,(SKN)- Peresmian rumah tahfiz Darul Muqomah batu 6, Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau merupakan berkah luar biasa dan wujud implementasi pemerintah Kabupaten Rokan Hilir menuju negeri religius yang dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir. Berbagai prestasi telah mereka raih mulai dari beasiswa di rumah Hafiz Tazkia, Bogor dan bahkan ditawari masuk diperguruan tinggi negeri tanpa tes serta mendapat rekomendasi dari Polsek untuk menjadi Polwan.

 

“Saya sangat bangga ternyata di Bagansiapiapi ada rumah tahfiz Al Quran yang sudah mencetak para Hafiz dan Hafizah penghapal Al Quran dan bahkan sudah berkiprah diluar Rokan Hilir,” kata Gubernur Riau, Drs Syamsuar, M.si dalam sambutannya saat akan meresmikan rumah tahfiz Darul Muqomah, di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Jumat (20/08/2021).

 

Gubernur menyampaikan, dulu saat menjadi Bupati Siak, dirinya termasuk penggerak berdirinya rumah Tahfiz Al Quran di Kabupaten Siak Sri Indrapura. Bahkan, Siak termasuk kabupaten yang diperhitungkan terutama bidang lomba seni Kaligrafi yang sering mendapat juara pertama.

 

” Kalau Hafiz memang kita sering kalah dari Pekanbaru, Kampar dan Rokan Hulu. Bahkan saya sangat sedih ada Hafiz dari Indragiri Hulu yang baru ini meninggal, anaknya memang pintar dan saat dikebumikan bau wangi tercium dari jenazahnya,” ujar Gubernur dengan rasa takjub.

 

Menurutnya, rumah tahfiz Al Quran harus senantiasa digalakkan karena dari pengalaman selama dirinya memimpin Siak, para lulusan sudah banyak yang menimba ilmu dari dalam dan luar negeri seperti di Turki dan Timur Tengah. Dirinya juga pernah mendapat hasil penelitian dari perguruan tinggi, bahwa anak penghapal Al Quran lebih mudah mencerna semua ilmu saat menempuh bangku kuliah dan wajar saja jika banyak perguruan tinggi memberikan prioritas bagi calon mahasiswa penghapal Al Quran untuk menimba ilmu dikampus mereka.

 

” Kemungkinan mereka mendapat hidayah ya? Makanya mudah mencerna semua ilmu,” tuturnya.

 

Bukan hanya waktu menjabat sebagai Bupati Siak, Syamsuar mengaku bahwa programnya itu juga diimplementasikan saat ia menjabat Gubernur Riau dengan mengirimkan sebanyak 115 santri ke Ponpes Tazkia Bogor pada tahun 2020. Dia berharap, programnya itu bisa diikuti semua daerah seluruh Kabupaten se-Provinsi Riau.

 

Sementara itu, tempat yang sama, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong mengapresiasi dengan kehadiran rumah tahfiz Darul Muqomah di Bagansiapiapi. Dia berharap, pengurus rumah Tahfiz senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menutup segala kekurangan terutama pembangunan fisik dirumah ini.

 

” Kita juga mengharapkan para donatur untuk ikut mewakafkan apa saja agar rumah tahfiz ini bisa berkembang sesuai dengan yang diharapkan,” katanya.

 

Dalam acara itu, rumah tahfiz Darul Muqomah secara langsung diresmikan oleh Gubernur Riau, Drs Syamsuar. M.Si didampingi Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaiman Azhar serta seluruh unsur Muspida. Setelah menggunting pita, seluruh undangan diberi kesempatan melihat secara langsung seluruh ruangan dalam rumah tahfiz Al Quran.(Rilis)

 

Editor: Chandra