SMAN 5 Pekanbaru Meraih Juara 1 UKS Di tingkat Propinsi Riau

Pekanbaru Suarakedaulatannews.com Penghargaan Lomba usaha kesehatan sekolah (UKS), ini merupakan bukti pengakuan Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau kepada SMAN 5 Pekanbaru yang berhasil meraih Juara 1 Di tingkat Provinsi Riau. Untuk membentuk pembiasaan dan karakter hidup bersih dan sehat bagi siswa dan siswinya.

Hj. Elmi gurita, M. Pd selaku Kepala sekolah pembina dan tim pelaksana usaha kesehatan sekolah (UKS) SMA Negeri 5 Pekanbaru mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan sekolah sebagai taman belajar, pihaknya berusaha menguatkan karakter warga sekolah agar peduli lingkungan dan kesehatan, sebagai penunjang pencapaian prestasi.

Menurutnya, perilaku hidup bersih dan sehat senantiasa ditanamkan pada siswa siswi dan warga yang ada di sekitar sekolah, selain untuk kepentingan kesehatan diri, Guru dan siswa siswi disekolah juga diharapkan mampu menjadi agen transformasi dan informasi penggerak perubahan yang lebih baik untuk kesehatan yang ada di lingkungan sekolah.

“Saya bangga sekolah SMA Negeri 5 Pekanbaru menjadi Juara 1 Di tingkat Provinsi Riau Penghargaan ini menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus amanah yang harus diemban dan dibuktikan oleh guru-guru dan warga sekolah dalam peran sertanya menarik lokomotif perubahan perilaku dari kebiasaan pola hidup yang lebih bersih dan sehat,” ujar Elmi Gurita selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Pekanbaru

Dirinya juga mengatakan bahwa sumbangsih SMAN 5 Pekanbaru dalam dunia pendidikan kesehatan diharapkan dapat bersama-sama dengan pemerintah dan stakeholder yang lain dalam menambah kekuatan menuju yang lebih baik katanya.

Peran Guru dalam Membangun dan Menjaga Pola Hidup Sehat di Lingkungan Sekolah

Peran guru sangatlah penting dalam membina perilaku hidup sehat bagi siswa di sekolah dengan adanya pembinaan yang dilakukan oleh guru dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam berperilaku hidup sehat di sekolah maupun di rumah. Peran guru dapat berperan sebagai pengajar, pemimpin kelas, pembimbing, pengatur lingkungan belajar, perencana pembelajaran, supervisor, motivator, dan sebagai evaluator dalam pola hidup sehat.

UKS dibentuk untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar para siswa dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat. UKS di sekolah diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat pada diri siswa sendiri dan mampu menolong orang lain.

Dalam upaya penanaman pola hidup yang sehat maka guru diharapkan untuk mampu meningkatkan derajat kesehatan di sekolah melalui tiga kegiatan utama, yaitu terciptanya lingkungan sekolah yang sehat, pemeliharaan dan pelayanan di sekolah, dan upaya pendidikan yang berkesinambungan dan peralatan kesehatan yang di sediakan di sekolah. (Dalam jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.

Pemanfaatan usaha kesehatan sekolah (UKS) secara optimal dan penanaman pola hidup yang sehat terhadap siswa akan membangkitkan semangat bagi para siswa untuk turut aktif dalam menjaga pola-pola makan untuk hidup sehat dan menjaga kebersihan di sekolah mensinergikan antara teori yang diberikan oleh kepala sekolah dan guru, yang dilakukan menjaga kebersihan menjaga kesehatan oleh siswa siswi. Dalam jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani dan Kesehatan di sekolah” Ujar Elmi gurita

Editor : Rio