Kamis, 29 Desember 2022

Mengintip Suka Cita dan Kemeriahan Festival Pantai Ketapang 2022 - Sungai Cingam


Suara Kedaulatan News.id
Rupat-Senen, 26 Desember 2022  

Genderang Pesta Pantai atau Festival Pantai Ketapang Desa Sungai Cingam 2022 telah ditabuh.Vestifal Destinasi pantai Ketapang  dipenuhi suka cita masyarakat Rupat  dan wisatawan Dari Luar daerah maupun dalam.

Acara Ketapang Beach Sungai Cingam yang di gagas oleh Pemerintah Desa Sungai Cingam ini DiHadiri Bupati Bengkalis diwakilkan oleh kepala dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga.
BPK Edi Sakura.
Camat Rupat/diwakili sekcam.
Camat Rupat Utara.
Lamr Desa Sungai Cingam.
Kapolsek Rupat.
Danramil Rupat.
Kepala Desa Rupat - Rupat Utara .
UPT Pariwisata kec. Rupat
TP PKK Desa Sungai cingam
Ketua Karang taruna,BPD, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh tamu undangan.
Acara yang berlangsung tiga hari ini di buka langsung oleh Bupati Kabupaten Bengkalis, dalam hal ini di wakili Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga, Edi Sakura membuka secara resmi Ketapang Beach Festival Tahun 2022, Senin (26/12/2022).

Festival yang digelar di Pantai Ketapang Desa Cingam Kecamatan Rupat tersebut menampilkan beragam permainan rakyat seperti lomba Fashion Show, lomba Jong Layo, lomba Senam Kreasi, lomba Volly Pantai Putra, lomba Gasing dan sudah berlangsung selama tiga hari 26 - 28 Des 2022.
Dalam sambutan nya bapak Kadispora Kab Bengkalis mengatakan,dengan potensi wisata yang ada ini, Desa Sungai Cingam kelak bisa memproklamirkan dirinya menjadi desa wisata di Kabupaten Bengkalis bahkan mendunia. 
"Namun perlu diingat, pengembangan desa wisata tidak bisa dilakukan secara instan, hanya dengan membuat sebuah objek wisata atau menyelenggarakan event wisata di desa," ucap Edi.
Lebih daripada itu lanjutnya, konsep pengembangan desa wisata itu harus bisa memenuhi sejumlah unsur penting yang tidak lepas dari peran komunitas atau masyarakat sebagai pelaku utamanya. 
Artinya, komunitas atau masyarakat sejak dini harus menyiapkan dirinya sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan ketika berkunjung di objek wisata yang ada di desa ini, selain harus memberdayakan ekonomi masyarakat dengan mendayagunakan aset dan potensi yang dimiliki.

Kami juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Sungai Cingam, karena telah memanfaatkan bantuan keuangan khusus Desa Bermasa yang telah kami gelontorkan 1 Milyar satu desa, dengan melaksanakan kegiatan positif dan bermanfaat seperti ini," pungkas Edi.
Seperti diketahui, dalam event Festival Pantai Ketapang  2022 ini,kepala Desa Sungai Cingam Jamil,S.pd beserta jajaran perangkat desanya dan Masyarakat Terus berusaha Merapikan dan bersama sama Bergotong royong guna merapikan jalan dan meperbaiki akses jalan menuju destinasi pantai. Ketakjuban masyarakat dan wisatawan pun pecah. Bayangkan saja. Tanpa dibumbui hiburan pun, keindahan pantai Desa Rupat ini  sudah sangat mempesona. Alamnya masih perawan dan Asri. Ditambah pertunjukan seni budaya serta hiburan,dan pertandingan dipastikan makin membuat siapa pun betah untuk berlama-lama.
"Saat wawancara singkat bersama media Suara kedaulatan Kades Sungai Cingam Jamil mengatakan, Kami undang seluruh masyarakat dan wisatawan.dan promosikan melalui media sosial Desa dan group untuk berliburan di sini  pasti akan lebih berkesan," ucapnya,karena tidak hanya festival ini di ramaikan tetapi hari hari biasa pun tetap di buka dan di sediakan berbagai permainan pantai di sini ,jadi bagi masyarakat dan wisatawan yang ingin menikmati liburan akhir tahunnya bisa menikmatinya dengan senang di sini .
Tak ketinggalan, pengunjung pun bisa mencicipi bermacam-macam kuliner tradisional. "Dan semuanya kami jamin sehat dan aman, karena kami menerapkan aturan protokol kesehatan yang super ketat. Jadi pengunjung dipastikan lebih merasa nyaman," ungkapnya.

Pelaksanaan Festival Pantai Ketapang 2022 ini melibatkan seluruh elemen. Termasuk jajaran Bhabinkamtibmas. Dan Pemerintah Desa Sungai Cingam juga menerbitkan aturan terkait besaran tiket parkir hingga harga kuliner. Yuk berwisata ke Pantai Ketapang - Desa Sungai Cingam. (*Sam)
Mengintip Suka Cita dan Kemeriahan Festival Pantai Ketapang 2022 - Sungai Cingam
4/ 5
Oleh