Senin, 13 Februari 2023

BHABINKANTIBMAS Turun ke Titik Lokasi Rawan KARHUTLA dan Sosialisasi kepada Warga


Suara Kedaulatan News.Id
Rupat - Minggu-12-02-2023

Cegah Karhutla, Patroli Polisi dari Para Bhabinkamtibmas dari beberapa Desa yang tergabung dalam melaksanakan patroli diberbagai wilayah Rupat yang rawan Karhutla dalam hal itu Bhabinkamtibmas Desa memberi himbauan ke masyarakat Petani/pekebun.
Saat kegiatan patroli dilakukan, para Bhabinkamtibmas yang tergabung, Aipda Ahmad Fauzi selaku Bhabinkamtibmas dari Dua Desa yakni Desa Sungai Cingam,merangkap Desa Makeruh bersama Biripka Suprawira selaku Bhabinkamtibmas dari Dua Desa yaitu Desa Teluk Lecah- merangkap Desa Sri Tanjung juga melakukan kegiatan patroli yang sama sejalan dan tampak bersama sama tergabung untuk melaksanakan Patroli ke lapangan dalam upaya mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) sembari memberi selebaran himbauan Kapolda Riau kepada warga pada kegiatan Patroli pencegahan Karhutla yang dilakukan, Jum’at 10/02/2023 dimulai pagi.
Untuk cegah Karhutla tersebut Bhabinkamtibmas dari Polsek Rupat keliling melaksanakan patroli di  daerah yang potensi rawan karhutla wilayah Kecamatan Rupat sekitarnya dan menemui warga baik di sekitar kawasan petani/pekebun maupun di sekitar lingkungan tersebut. Dalam hal itu disampaikan juga oleh Aipda Ahmad Fauzi kepada awak media dihari yang sama, personil  Bhabinkamtimas Aipda Ahmad Fauzi bersama Bripka Suprawira melaksanakan patroli guna mecegah karhutla juga dalam kesempatan itu memberi himbauan kepada warga dengan
informasi lisan larangan membuka lahan dengan cara membakar.
Dengan upaya bertatap muka langsung dengan warga dalam penyampaian himbauan dengan harapan agar tidak melakukan kegiatan petani/pekebun jika membuka lahan dengan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.

Diulaskannya lagi, ada kekhawatiran pada kondisi situasi iklim dan cuaca sangat panas maka pelaksanaan patroli ini dilaksakan walau melintasi jalan sedemikian rupa yang cukup lumayan parah dengan menaiki sepeda motor menuju lokasi yang selama ini rawan api yang sering terjadi Karhutla, maka disana bertemu warga berdialog dengan warga petani Desa Sri Tanjung.
Dengan cara pendekatan memberikan himbauan dengan harapannya agar dapat menggugah hati masyarakat untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.Kegiatan pendekatan rutin cegah karhutla, ia juga menghimbau untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan,mari bersama-sama mencegah  kebakaran hutan dan lahan atau stop karhutla,tegasnya dalam himbauan itu.

Dengan memberikan himbauannya kepada pemilik lahan untuk terus  menjaga lahan yang dimilikinya masing masing agar terhindar terjadinya Karhutla. Ini bertujuan mengantisifasi terjadinya kebakaran hutan. Bagi warga yang sedang bekerja di kebun agar jangan coba coba bermain dengan api pada saat sekarang ini ,ungkap Aipda ahmad Fauzi.

Mereka sebagai Bhabinkamtibmas tetap menyampaikan kerugian dan sanksi ancaman hukum jika terjadi Karhutla. “Kerugian dari kebakaran hutan dan lahan mengakibatkan kerusakan lingkungan yang menimbukan kerugian ekologi, ekonomi, sosial budaya dan Politik. Karhutla menyebabkan pemanasan global dan meningkatnya suhu bumi.

Karena suhu bertambah, penguapan yang terjadi akan membesar dan curah hujan meningkat, cuaca sulit diprediksi. Sanksi ancaman: setiap orang yang melakukan pembakaran lahan dapat dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 (tiga) tahun dan paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling sedikit Rp 3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah) dan paling banyak Rp 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah).

Wilayah Kecamatan Rupat mempunyai perkebunan dan pertanian masyarakat yang rawan Karhutla, harus rutin untuk patroli mengantisifasi kebakaran hutan dan lahan di di wilayah tersebut maka penyebaran Maklumat Kapolda Riau dan dibagikan kepada warga.Dengan penyampaian itu: himbauan dilarang membakar, membagikan maklumat Karhutla ini diharapkan masyarakat dapat mengerti dan bekerja sama dengan Polri dalam menjaga lingkungan.

Jika ada tanda-tanda Karhutla maka segera laporkan ke Polsek Rupat atau pemerintah setempat agar segera ditindak lanjuti, ungkap “Aipda Fauzi”, ( Team)
BHABINKANTIBMAS Turun ke Titik Lokasi Rawan KARHUTLA dan Sosialisasi kepada Warga
4/ 5
Oleh