Selasa, 21 November 2023

Reses Sarana Menjemput Aspirasi di Tengah Masyarakat

Rohil-Kegiatan reses menjadi salah satu hak yang dimiliki oleh setiap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir (Rohil). Di mana hal itu sebagai sarana untuk menjadi sarana menjemput aspirasi langsung dari masyarakat khususnya konstituen di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.  

Ketua DPRD Rohil Maston menilai, kegiatan reses tak hanya dipandang secara formal sebagai kegiatan yang bertujuan untuk menjaring aspirasi tapi terdapat juga berbagai manfaat positif yang bisa diraih. 

Di antaranya meningkatkan tali silaturahmi, kesempatan berdiskusi, mendengarkan saran, masukan dari masyarakat secara langsung, serta melihat langsung kondisi di lapangan di mana kegiatan reses dilaksanakan. 

Kegiatan reses tak dipungkiri adalah momen penting yang turut menjadi instrumen untuk dapat dijadikan sebagai masukan berharga bagi dewan maupun bagi pemerintah untuk dapat dituangkan dalam program kebijakan untuk pembangunan seluas-luasnya bagi masyarakat. 

Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, maka kegiatan reses selalu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh setiap anggota dewan, di sisi lain kegiatan itu juga selalu disambut dengan baik oleh masyarakat. 

Sambutan baik dari masyarakat itu terlihat dengan antusiasme masyarakat yang datang pada saat kegiatan reses dan banyaknya yang menyampaikan aspirasi untuk pembangunan khususnya di daerah mereka sendiri. 

Berbagai aspirasi yang disampaikan masyarakat biasanya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan fasilitas publik lainnya. Begitu juga terkait dengan pelayanan dalam bidang kesehatan, pelayanan publik, bidang pendidikan, ketersediaan air bersih dan sebagainya.

Reses Sarana Menjemput Aspirasi di Tengah Masyarakat
4/ 5
Oleh