Rabu, 17 Agustus 2022

LOMBA SAMPAN LAYAR, MEMERIAHKAN HUT RI KE-77 DI DESA KETAMPUTIH


Suara Kedaulatan News.Id.        
Bengkalis - 17-08-2022.

Beragam lomba yang di gelar di desa Ketamputih, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, dalam rangka menyemarakkan  HUT Kemerdekaan  RI Ke-77.

Perlombaan tersebut diantaranya adalah lomba sampan layar, sampan campang, panjat pinang,dan tarik tambang.
Perlombaan yang Kedua kali ini rutin setiap tahunnya di laksanakan oleh Pemerintah desa Ketamputih. 
Di laksanakan di tepi laut desa Ketamputih.
Kepala desa Ketamputih Suhaimi, mengungkapkan, diantara desa-desa yang berada di pesisir, hanya desa Ketamputih yang rutin setiap tahunnya mengadakan lomba sampan layar,dan sampan campang.

Dalam kesempatan ini pula DPRD Bengkalis H. Harianto menyampaikan bahwa ini adalah permainan tradisional tidak ada di mana-mana ucap harianto.  Lanjutnya salah satu desa yang melaksanakan kegiatan seperti ini adalah desa ketamputih.
Tambahnya lagi H. Harianto, dari awalnya  Harianto kemaren mau  sama-sama di icon ini, salah satunya ini melaksanakan sampan layar dan sampan campang Namun, demikian hari ini saya dapat kesempatan hadir pada di icon ini.

Salah satunya desa yang sampai hari ini adalah desa ketamputih, sebagai icon Kabupaten Bengkalis
Agar kegiatan sampan layar ini sebuah olah raga, yang sangat membutuhkan di undang desa-desa yang lain diantaranya desa di kecamatan Bantan dan desa di kecamatan Tasik putri puyu  Kabupaten kepulauan Meranti, ikut bersama -sama di tahun yang akan datang nantinya" harapnya.

Lanjutnya Dan kita berikan hadiah yang paling lebih besar dari pada sekarang ini.
dan juga ucapan terimakasih kepada Pemerintah desa Ketamputih dan jajarannya  memberi kesempatan hadir pada kegiatan icon ini.

Mudah-mudahan icon desa ketamputih kecamatan Kabupatengkslis, Bengkalis untuk masa yang akan datang, Harianto yakin Pemerintah akan memantau kegiatan ini, ini icon Kabupaten nantinya. 


Untuk itu di harap intansi terkait maupun Pemerintah daerah untuk bersama-sama  memperhatikan ajang perlombaan sampan layar dan sampan campang tersebut.
"Kami juga berharap Kepada Pemerintah daerah agar ajang sampan layar ini dapat di jadikan sebagai kelender Pemerintah setiap tahunnya, dan bisa menjadi icon Kabupaten Bengkalis untuk kedepannya yang lebih di tingkatkan lagi ujarnya, saat perlepasan lomba  sampan campang Sempena HUT Kemerdekaan RI ke-77, Selasa (17/08/2022).

Sementara ketua pelaksana lomba sampan layar dan sampan campang, Sucipto menjelaskan, ada beberapa nama sampan yang ikut berpartisipasi dalam lomba sampan layar dan sampan campang di tahun ini, diantaranya  sampan layarputra bungsu, Cahaya, peleset,kuda terbang, tiga dewa, tangan dewa,  dewa putri,  Candra Wahyu, Aska, mekar sari, todak,  putri duyung putri sari.
Selaku ketua panitia, Sucipto mengaku sangat bangga dan antusiasme masyarakat dalam menyebarakan HUT Kemerdekaan RI di desa Ketamputih.

Menurutnya, bukan hanya masyarakat desa Ketamputih saja yang ikut berpartisipasi, tetapi saat ini masyarakat di kecamatan Bantan bahkan di Kecamatan lain, yang berada di Kabupaten Bengkalis sudah tahu bahwa di desa Ketamputih setiap tahunya mengadakan perlombaan sampan layar dan sampan campang.

" Saya berharap tahun depan minat perserta untuk mengikuti lomba sampan layar dan sampan campang ini meningkat, bahkan jika tidak hanya di ikuti masyarakat  Kabupaten Bengkalis saja, bahkan kabupaten lainpun ikut serta dan untuk tahun depan  Insyaalah akan lebih di meriahkan lagi" harapnya.

Untuk di ketahui, lomba sampan layar dan sampan campang di desa Ketamputih 2023 di buka secara resmi oleh Kepala desa Ketamputih Suhaimi.
Di hadiri oleh DPRD Bengkalis H. Harianto,mp , pihak keamanan dari Polsek, Bhabinkamtibmas, desa ketamputih Jefri rohim,Babinsa Dede, pihak dinas Perhubungan dan ratusan masyarakat yang turut menyaksi perlombaan sampan layar dan sampan campang tersebut.

Penulis Idrus
Editor Budiman
LOMBA SAMPAN LAYAR, MEMERIAHKAN HUT RI KE-77 DI DESA KETAMPUTIH
4/ 5
Oleh