Kamis, 01 Juni 2023

Sosialisasi Penguatan Terhadap Bencana KARHUTLA di Desa Kelemantan


BENGKALIS - Suarakedaulatan.id
BPBD Kabupaten Bengkalis melaksanakan 
Sosialisasi Penguatan kapasitas dan kesiap siagaan terhadap bencana Karhutla di Desa Kelemantan kecamatan Bengkalis kabupaten Bengkalis. Kegiatan Sosialiasi tersebut dilaksanakan di aula kantor desa klemantan , Selasa 30 mei 2023.

Sosialisasi ini diikuti oleh BPBD kabupaten Bengkalis, Kapolsek Bengkalis, Camat Bengkalis,.Kepala Desa, ketua BPD, Babinsa, babinkamtibmas, kepala Dusun, seluruh ketua RT/RW, seluruh anggota MPB atau masyarakat peduli bencana dan tokoh-tokoh masyarakat desa Kelemantan, sekitar 60 sampai 70 orang.

BPBD kabupaten Bengkalis , diwakili oleh Kepala Bidang Penanggulangan dan Kesiapsiagaan Kusnen, S.Sos. sebagai Nara sumber.

Mari kita sama-sama berupaya memberikan penyuluhan kepada masyarakat desa Kelemantan, " Janganlah membakar Hutan dan Lahan, dan Jangan lah Membuat api unggun yang di tinggalkan, Pastikan betul apinya benar - benar mati karena lahan kita di pulau Bengkalis ini gambut, ujar Kusnen.

Kalau bisa berkebun dan menanam dengan pola Ramah lingkungan, Kusnen juga menghimbau Partisipasi dari masyarakat desa Kelemantan 
Apa bila ada kejadian Bencana KARHUTLA agar sama - sama bahu membahu untuk menanggulangi nya, Kalau informasi ada api cepat laporkan kepada pihak yang berwenang agar cepat dapat ditangani, kata Kusnen.

Berdasarkan informasi dari Kapolsek Bengkalis desa Kelemantan ini termasuk desa yang bagus, yang sangat peduli terhadap karhutla, mereka memiliki mesin mini striker 4 unit, yang punya kemampuan tembakan airnya sekitar 500 meter, mesin apung 1 unit, drone dan lain lain. Adapun anggota Masyarakat Peduli Bencana (MPB) berjumlah 40 orang personil, 30 orang MPB murni dan 10 orang lagi berasal dari setiap RT dan RW desa Kelemantan. Dan akses menuju ketitik api juga sudah dipersiapkan sebanyak 9 titik berkat dari kerjasama Kapolsek Bengkalis, Kepala Desa dan semua anggota MPB, dan seluruh Masyarakat desa Kelemantan tentu nya. Dan anggota MPB Desa Kelemantan selama ini Juga mengantisipasi embung-embung yang ada airnya.

 Diperkirakan sekitar 800 Ha luas
lahan yang ada di desa kelemantan, dan masih tumpang tindih kepemilikan nya. Tutup Kusnen

Pada kesempatan ini juga Kusnen memberikan Apresiasi kepada Kades Kelemantan, BPD, anggota MPB dan semua lapisan masyarakat desa Kelemantan. Materi masalah hukum disampaikan lansung oleh bapak Kapolsek Bengkalis.

Ini merupakan sosialisasi yang ke 2 yang telah dilakukan pemdes kelematan, mengingat daerah kabupaten Bengkalis sangat rentan terhadap Bencana kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA), apa lagi di musim panas, ujar kades Nangak,.

Pihak desa telah mempersiapkan alat-alat yang di perlukan seperti memiliki mesin mini striker honda 4 unit, , mesin apung honda 1 unit, ambulance 1 unit, gerobak. Sepeda motor, drone, ambulance desa. Ujar Nangak

Dalam sosialisasi kali ini juga pemdes kelemantan berharap semua pihak, seperti BPBD kabupaten, provinsi, dan Nasional, memberikan Sarana dan Prasarana untuk desa kami kalau bencana Karhutla ini terjadi di desa kami dan kemana kami arahkan. Ujar Nangak, 

Alhamdulillah tahun ini di desa kami zero Kebakaran, namun kami harus tetap waspada terhadap KARHUTLA ini, masyarakat desa lah yang berperan penting dalam menjaga dalam pencegahan dan penanganan Karhutla ini tutup kades Nangak.(RN) 
Sosialisasi Penguatan Terhadap Bencana KARHUTLA di Desa Kelemantan
4/ 5
Oleh