Sabtu, 12 Agustus 2023

Kunjungan Delegasi 7 Negara ASEAN dalam Pembangunan Kapasitas Regional Di Desa Ketamputih

BENGKALIS | Suara kedaulatan.id
Salah satu desa yabg menjadi tuan rumah di kabupaten Bengkalis kecamatan Bengkalis yakni Desa Ketam Putih yang di kunjungi Delegasi dari 7 Negara ASEAN yang tak lain adalah Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Filipina, Kamis (10/8/2023).

Kunjungan ini dipimpin oleh ketua Yayasan Gambut, Bapak Mulyadi, serta didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau di bawah pengawasan Bapak Danang Kabul, PLH Kepala Seksi Perencanaan dan Tata Hutan. 

Kepala Desa Ketam Putih, Suhaimi, turut membimbing mereka dalam kunjungan ini. Rombongan Delegasi 7 Negara ASEAN melaksanakan kunjungan studi untuk melihat secara langsung proses pengolahan tanaman sagu di pabrik sagu Desa Ketam Putih, yang sebelumnya delegasi ini mengunjungi desa klemantan barat dan melihat secara langsung perkebunan sagu yang ada di desa tersebut. Mulai dari tahap awal hingga akhir, mereka di kasi pemahaman bagaimana proses transformasi sagu dari pohonnya menjadi bahan makanan serbaguna, seperti mie sagu, cendol sagu, lempeng sagu, kerupuk sagu, dan berbagai produk lainnya.

Setelah mengamati dengan seksama proses produksi sagu, rombongan tersebut diajak Kepala Desa Ketam Putih untuk merasakan langsung makanan yang terbuat dari sagu ini, yang di sediakan oleh tim PKK desa. Yang bertempat di Aula Kantor Desa. Kunjungan ini diwarnai dengan ramah tamah masyarakat desa ketamputih.


Dalam kesempatan itu, pada sambutannya Kepala Desa Ketam Putih, Suhaimi, yang mewakili seluruh warga Desa Ketam Putih mengatakan sangat terharu atas kunjungan delegasi 7 Negara ASEAN ke Desanya.

“Atas nama Pemerintah Desa Ketam Putih bersama seluruh masyarakat Desa Ketam Putih, sangat bahagia dan terharu atas kunjungan Delegasi 7 Negara ASEAN ke Desa kami”, ujar Suhaimi, dan pihak Desa telah menyiapkan 25 paket oleh-oleh untuk delegasi tersebut.

Kepala Desa Suhaimi juga membagikan informasi menarik bahwa Desa Ketam Putih, yang telah berusia 490 tahun, adalah desa tertua di Kecamatan Bengkalis. Mayoritas penduduknya adalah petani dan nelayan.

Ketua Yayasan Gambut, Bapak Mulyadi, memberikan sambutan mengungkapkan bahwa yayasan telah melakukan penelitian mendalam terhadap lahan gambut di beberapa desa, termasuk Desa Ketam Putih. Penelitian tersebut memunculkan temuan bahwa tanaman sagu sangat cocok untuk ditanam di lahan gambut.

Ketika ditanya oleh awak media, Direktur Yayasan Gambut Bapak Mulyadi menjelaskan tujuan delegasi 7 Negara ASEAN dalam kunjungan studi ini untuk melihat secara langsung pemanfaatan lahan gambut.

“Mereka ingin memahami bagaimana Desa Ketam Putih menjaga dan memanfaatkan lahan gambut sebagai sumber ekonomi, khususnya dalam pengolahan sagu yang memiliki banyak fungsi,” kata Mulyadi.

Acara diakhiri dengan penyerahan oleh-oleh dari Kepala Desa Ketam Putih kepada Delegasi 7 Negara ASEAN dan Foto bersama di depan Kantor Desa ketamputih .RN
Kunjungan Delegasi 7 Negara ASEAN dalam Pembangunan Kapasitas Regional Di Desa Ketamputih
4/ 5
Oleh