Sabtu, 12 Agustus 2023

Kunjungan Delegasi 7 Negara Asean Ke Desa Klemantan Barat

Bengkalis-Suara kedaulatan.id
Desa klemantan barat merupakan salah satu desa yang mendapat kunjungan dari delegasi 7 negara ASEAN. Yang sebelumnya Delegasi ini berkunjung ke desa sepahat dan Tamiang kecamatan Bengkalis kabupaten Bengkalis Riau.

Kunjungan ini merupakan studi Delegasi tersebut mengenai tanaman yang bisa tumbuh di lahan gambut yang bisa tumbuh kembang dan bisa menjadi bahan pokok berbagai makanan. Turut hadir dalam acara tersebut yakni kepala dinas LHK provinsi Riau , bupati Bengkalis atau yang mewakili, camat bengkalis atau yang mewakili, kepala 
Polisi resort bengkalis beserta anggota , kepala Polsek bengkalis dan anggota, kepala desa tetangga seperti kades ketamputih, kades sungai Batang, kades klemantan, kades sekodi , kepala yayasan gambut , pimpinan global enviroment center , dr Hesti lestari tata dari badan riset dan inovasi nasional dan seluruh tamu undangan lainnya beserta masyarakat desa klemantan barat yang menyambut baik dan bahagia dengan kunjungan ini.
Dalam sambutannya ketua yayasan gambut Indonesia Mulyadi, mengucapan terima kasih kepada pemdes Klemantan barat, yang telah memfasilitasi kunjungan ini, kita mendatang kan utusan dari beberapa negara, yakni dari negara Laos, Kamboja , Thailand, Filipina, Vietnam, miyanmar, dan malaysia.   
Di mana sebelumnya Kami melakukan workshop dan pelatihan.
Desa klemantan barat merupakan sentra sagu terluas di kabupaten Bengkalis ini, karena itu kabupaten ini kami jadikan tempat kunjungan delegasi 7 negara tersebut, untuk melihat tumbuhan perkebunan di lahan gambut khususnya perkebunan sagu, yang sudah ada sejak turun temurun di desa klemantan barat dan desa sekitarnya, yang mana ini merupakan makanan pokok yang menjadi makanan orang terdahulu, tutur Mulyadi.

Dalam kesempatan ini juga dinas kehutanan provinsi Riau Danang kabul yang mendampingi rombongan 7 negara yang ikut dlm rombongan ini, salah satu menurut kami boleh di bilang sangat membanggakan,karna menjadi salah satu desa yg berkualitas di dalam lahan gambut tutur nya.

Sambutan dari kepala desa klemantan barat, Alhamdulillah pada pagi yang cerah ini, kita dapat berkumpul dan bersilaturahmi dimana kunjungan ini di selenggarakan oleh ketua yayasan gambut, yang telah mengkordinir kegiatan ini dan telah merekomendasikan untuk meninjau perkebunan Rumbia ( sagu ) di 
Desa klemantan barat dan sekitarnya,di mana desa ini memang merupakan mayoritas perkebunan sagu, di lahan gambut ini ada yg menguntungkan bagi kami didesa, yakni pertumbuhan sagu sangat cocok dan tumbuh berkembang, apa lagi di daerah yang lembab, namun di lahan gambut ini juga, mudahnya terjadi karhutla yang mana hampir setiap tahun terjadinya kebakaran dan di temukan titik api, ujar kades sabahar.

Tak sampai di situ , kunjungan delegasi tersebut mengunjungi langsung perkebunan sagu yang ada di desa tersebut. Mereka sangat antusias dan semangat mendengar kan penjelasan demi penjelasan yang di sampaikan pihak desa yang di translate bahasa nya oleh tim dari yayasan gambut dari bahasa indonesia ke bahasa Inggris yang menjadi bahasa penghubung di antar negara tersebut.

Kunjungan ke desa klemantan barat ini di akhiri dengan makan bersama di Aula kantor desa klemantan barat, yang di sediakan pihak desa, yakni makanan yang terbuat dari bahan pokok sagu dan yang lainnya, dan di tutup dengan penyerahan sovenir dari pihak desa dan foto bersama Antara Delegasi tersebut dengan pemerintah desa dan masyarakat nya.(RN) 
Kunjungan Delegasi 7 Negara Asean Ke Desa Klemantan Barat
4/ 5
Oleh