Kamis, 26 Oktober 2023

Desa kelapapati, Monitoring Program Penguatan Pemerintah Dan Pembangunan Desa P3PD

Bengkalis.suarakedaulatan.id
Kunjungan Monitoring program penguatan pemerintah dan pembangunan desa , di desa Kelapapati , pagi pukul 10.00 wib Rabu 25 Oktober 2023 

Kegiatan monitoring ini di adakan di aula kantor desa Kelapapati, yang dihadiri kades Kelapapati atau yang mewakili, kepala BPD , LAM desa, penggerak PKK, dan perangkat desa Kelapapati, dan di hadiri 7 orang team monitoring dari provinsi dan kabupaten.

Berdasarkan pedoman umum program penguatan pemerintah dan pembangunan desa dan menindak lanjuti surat direktorat jendral bina pemerintah desa dan kementerian dalam negeri no : 900.1.4.4/6418/BPD hal penyampaian panduan monitoring dan evaluasi P3PD , pada hari ini di lakukan di kabupaten Bengkalis tepatnya saat ini di desa Kelapapati.

Dalam sambutannya kepala desa Kelapapati melalui sekdes Edi firdaus , mengucapkan terimakasih kepada team monitoring dari provinsi atas kunjungan nya ke desa Kelapapati , sekdes Edi juga mengatakan, bahwa desa Kelapapati merupakan desa yang paling banyak penduduk nya diantara desa yang lain yang ada di kecamatan Bengkalis, kami juga sudah melakukan permohonan untuk desa kami supaya ada pemekaran desa, ucap sekdes.

Monitoring dan evaluasi P3PD ini untuk menjaring masukan, dengan tujuan utama untuk memperkuat kapasitas kelembagaan atau institusi desa. Jadi kegiatan ini kita ingin berkoordinasi serta melihat secara nyata di lapangan, contoh nya kita lakukan tanya jawab untuk mendengarkan langsung apa yang jadi kendala yang ada di desa-desa Kabupaten Bengkalis, seperti adanya peningkatan anggaran dana desa dan biaya operasional desa yang perlu ditingkatkan dan lain sebagainya, terang salah satu dari team monitoring pak Agus.

"Terus kita juga ingin melihat apa saja program-program desa terkait program yang telah berhasil di lakukan Desa-desa yang ada di Kabupaten Bengkalis.
Karena semua itu berhasil atau tidaknya program P3PD tersebut, akan menjadi tugas kami dari provinsi, dan akan di lanjutkan ke Mendagri " ucapnya .

 Dengan telah dilakukannya kegiatan monitoring dan evaluasi P3PD di Kabupaten Bengkalis yakni di desa Kelapapati ini, harapannya apa yang telah menjadi usulan oleh para Pemerintah Desa, semoga dapat menjadi masukan dan dibawa hingga ketingkat pemerintah pusat agar ada solusinya.

"Kepada pemerintah desa kita berharap seperti apa yang selalu kita sampaikan, agar pengelolaan keuangan desa dapat dikelola sesuai aturan yang ada, dengan selalu transparan, kredibilitas dan akuntabel," pesannya.

Ketua BPD Safruddin.SP, mengatakan saat ditemui awak media ini, kegiatan ini sebenarnya sudah di rencanakan di tahun 2019, namun karena pandemi covid , baru dapat di lakukan pada tahun ini, dan rasa terima kasih atas kunjungan yang di lakukan di desa Kelapapati ini, tutup nya. RN
Desa kelapapati, Monitoring Program Penguatan Pemerintah Dan Pembangunan Desa P3PD
4/ 5
Oleh