Jumat, 14 Juli 2023

Rapat Validasi Dan Verifikasi Data DTKS Desa Damai


Bengkalis-Suara kedaulatan.id
Forum survey data kemiskinan pengusulan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) desa damai 13 Juni 2023.

Di hadiri oleh kades Damai Rosmali, sekdes desa damai, ketua BPD dan anggota, perangkat desa, RW, RT, pendamping desa bidang pembangunan dan kepala dusun. Rapat ini sangat penting dan membantu dalam pendataan untuk masyarakat desa damai ini, khususnya masyarakat yang kurang mampu. Pendataan yang dilakukan hendak lah segera dilakukan Karena data tersebut akan di input sebagai data terpadu sesuai undang-undang yang berlaku, kategori masyarakat yang kurang mampu atau masyarakat miskin, dan menjadi hal yang penting dan harus di beri pengertian atau pemahaman kepada masyarakat yang kurang mampu tersebut saat melakukan pendataan.

Data yang termasuk kategori yakni, rumah milik pribadi, keadaan perekonomian masyarakat yang di data tersebut, bantuan PKH, KIP untuk anak sekolah, bpnt , dan data data lainnya. Adapun data yang tidak boleh dimasukkan di data DTKS yakni yang bekerja sebagai akuntan, atau yang bekerja di bank, pegawai negeri, guru, BPD, dan masyarakat yang punya pekerjaan tetap.

Pendataan ini akan di jadikan acuan pemerintah untuk menyusun dan melaksanakan program terkait sosial ekonomi , yang bertujuan untuk mendorong percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim , integrasi program dan menuju satu data Indonesia.

Secara khusus ini bertujuan untuk
 menangkap dinamika perubahan perubahan kesejahteraan masyarakat sebagai integrasi program perlindungan sosial dan pemberdayaan ekonomi dan untuk meningkatkan pelayanan publik , pada saat ini khususnya untuk masyarakat desa damai kecamatan Bengkalis.

Rapat ini pihak yang terlibat untuk pendataan di ajarkan bagaimana cara mengisi data form yang udah di sediakan oleh pihak pemerintah desa acara di tutup dgn foto bersama. (RN) 
Rapat Validasi Dan Verifikasi Data DTKS Desa Damai
4/ 5
Oleh